Monday, May 30, 2022

Discussion Forum 9

 Topik Minggu ini;
Apa itu Persaingan?
Mengapa persaingan perlu di antisipasi di dalam manajemen pemasaran ?

Berikan pendapatmu di kolom Comment dibawah ini

33 comments:

  1. Nama: Annur Desnoza Syarif
    NPM: 1121210029
    1.Apa itu Persaingan :
    Persaingan atau competition dapat diartikan sebagai suatu proses sosial, dimana individu atau kelompok-kelompok manusia yang bersaing, mencari keuntungan melalui bidang-bidang kehidupan yang pada suatu masa tertentu menjadi pusat perhatian umum (baik perseorangan maupun kelompok manusia) dengan cara menarik perhatian

    2.Mengapa persaingan perlu di antisipasi di dalam manajemen pemasaran
    untuk memberikan gambaran mengenai target dari pemasaran suatu produk yang dijual. Selanjutnya perusahaan dapat melakukan pengembangan posisi produk dan strategi pemasaran marketing untuk setiap produk yang bersangkutan.

    ReplyDelete
  2. 1. persaingan adalah rasa atau perasaan dimana seorang pengusaha berusaha saling ingin mendapatkan kesuksesan daripada yang lainnya. Misalnya kemampuan menguasai pasar dan keuntungan.

    2. Menurut saya, karena persaingan bisa berupa persaingan sehat dan persaingan tidak sehat. Ada kalanya kita mengantisipasi persaingan yang tidak sehat antar perusahaan. Suatu perusahaan dengan persaingan yang tidak sehat akan melakukan segala cara untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak, contohnya bisa merugikan perusahaan yang sedang kita jalani. Beberapa cara agar kita dapat bersaing secara sehat yaitu perbedaan produk, harga/biaya yang lebih rendah, dll. Kita harus saling menghormati dan menghargai antar pesaing.

    ReplyDelete
  3. Persaingan
    merupakan suatu proses sosial, dimana ketika seorang individu atau sekelompok manusia bersaing untuk mencari sebuah keuntungan atau mencoba meraih sebuah kemenangan dalam suatu acara lomba.

    karena untuk dapat merencakan suatu strategi pemasaran yang baik, seorang wirausaha harus dapat mengetahui dan memperhatikan saingan nya, agar nantinya cara yang di ambil oleh seorang wirausaha dalam memasarkan produknya dapat berjalan efektif

    ReplyDelete
  4. M Rizki Istiawan - 1121210055

    1. Persaingan adalah pada saat satu pihak mencoba memenangkan sesuatu agar bisa menang dan menjadi lebih sukses dari pihak lain biasanya persaingan ini sama-sama berusaha untuk mendapatkan keuntungan dan jumlah penjualan

    2. Untuk mengurangi pesaing yang muncul yang nantinya akan menciptakan produk atau jasa yang lebih unggul dari yang sudah ada sebelumnya serta menghindari adanya persaingan yang tidak sehat di dalam pemasaran

    ReplyDelete
  5. Rifky Adilla_1121210078May 31, 2022 at 8:26 AM

    Rifky Adilla

    persaingan adalah ketika suatu pihak antar pihak lain mencoba lebih unggul satu sama lain. Kalau persaingan dalam pemasaran berarti, masing" pihak perusahaan berusaha untuk mendapatkan mangsa pasar ataupun menguasai market yang lebih besar untuk meraih keuntungan yang lebih besar lagi.

    persaingan perlu di antisipasi karena, kita tidak tahu apa yang akan terjadi kedepannya dalam kondisi perusahaan yang sedang dijalankan. Oleh karena itu, perusahaan harus berantisipasi dengan melakukan riset dan analisis juga hal" pendukung lainnya untuk mempertahankan perusahaan dari persaingan yang tidak terduga.

    ReplyDelete
  6. Persaingan adalah kompetisi antara perusahaan dengan kompetitor dalam rangka menguasai market yang bertujuan untuk mendapatkan pelanggan sebanyak banyaknya.

    Persaingan perlu di antisipasi karena jika kita tidak lebih unggul dari kompetitor maka bisnis kita berpotensi untuk melemah sebab konsumen akan lebih berminat kepada produk kompetitor

    ReplyDelete
  7. Persaingan adalah ketika organisasi atau perorangan berlomba untuk mendapat keuntungan. Persaingan bisnis akan terjadi di antara organisasi atau badan bisnis dengan produk atau layanan serupa dan target konsumen yanng sama.
    Persaingan perlu diantisipasi agar perusahaan/organisasi mampu mempertahankan konsumennya dengan cara berinovasi dan memperbaiki pelayanannya. Jika perusahaan/organisasi unggul dalam persaingan bisnisnya, mereka akan mendapat konsumen yang loyal.

    ReplyDelete
  8. Persaingan adalah dimana individu atau kelompok-kelompok manusia yang bersaing, mencari keuntungan melalui bidang-bidang kehidupan yang pada suatu masa tertentu menjadi pusat perhatian umum dengan cara menarik perhatian pelanggan.


    Mengapa persaingan perlu di antisipasi di dalam manajemen pemasaran? Menurut saya perlunya diantisipasi agar meminimalisir dampak yang akan ditimbulkan kemudian hari, serta dapat mengidentifikasi strategi, tujuan, kelemahan dan kelebihan perusahaan kemudian pangsa pasar, ingatan, serta hati bagi masyarakat. Persaingan mampu memicu motivasi suatu perusahaan dalam menciptakan produk / ide ide baru.

    ReplyDelete
  9. Persaingan adalah ketika organisasi atau perorangan berlomba untuk mencapai tujuan yang diinginkan seperti konsumen, pangsa pasar, peringkat survei, atau sumber daya yang dibutuhkan
    persaingan perlu di antisipasi karena untuk memahami para pesaing agar bisa menciptakan barang/jasa yang lebih baik dari kompetitor juga dapat mengantisipasi persaingan yang tidak sehat

    ReplyDelete
  10. Persaingan itu merupakan persaingan yang terjadi antar dua pihak atau lebih, yang sama-sama berusaha untuk mendapatkan keuntungan dalam jumlah pemasaara.

    Mengapa persaingan perlu diantisipasi didalam manajemen pemasaran?
    Menurut saya dengan kita mengantisipasi persaingan, akan secara otomatis membantu kinerja perusahaan kita karena munculnya motivasi tinggi untuk menghadapi persaingan dalam mempertahankan usaha.

    ReplyDelete
  11. 1. persaingan adalah bersaingnya para penjual yang sama-sama berusaha mendapatkan keuntungan, pangsa pasar, dan jumlah penjualan. Para penjual biasanya berusaha untuk membedakan harga, produk, distribusi dan promosi.

    2. karena persaingan dalam perusahaan ada persaingan secara sehat dan tidak sehat. maka dari itu perusahaan harus lebih teliti dan menerapkan aturan seperti memeliki kebijakan perusahaan yang kuat, melakukan riset secara online maupun offline dan akses terbatas ke rahasia dagang

    ReplyDelete
  12. 1. Persaingan adalah ketika satu pihak mencoba untuk memenangkan sesuatu atau menjadi lebih sukses dari pihak lain.

    2. karena untuk memberikan gambaran mengenai target dari pemasaran suatu produk yang dijual.Perusahaan dapat melakukan pengembangan posisi produk dan strategi pemasaran marketing untuk setiap produk yang bersangkutan.

    ReplyDelete
  13. Persaingan adalah ketika organisasi atau perorangan berlomba untuk mencapai tujuan yang diinginkan
    Karena persaingan membuka celah untuk pesaing lain masuk/ menciptakan produk yang lebih unggul dari produk yang kita miliki maka dari itu dibutuhkan manajemen pemasaran yang baik.

    ReplyDelete
  14. Ananda Berliana Putri - 1120210248
    1. persaingan adalah ketika satu pihak mencoba untuk memenangkan sesuatu atau menjadi lebih unggul dari pihak lain
    2. karena untuk memberikan gambaran mengenai target dari pemasaran suatu produk yang dijual,lalu perusahaan dapat melakukan pengembangan posisi produk dan strategi pemasaran marketing untuk setiap produk yang bersangkutan

    ReplyDelete
  15. jaknis sri denpasari
    1120210204

    *Persaingan atau competition dapat diartikan sebagai suatu proses sosial, dimana individu atau kelompok-kelompok manusia yang bersaing, mencari keuntungan melalui bidang-bidang tertentu

    *Mengapa persaingan perlu di antisipasi di dalam manajemen pemasaran ?
    jawab:karna antisipasi dalam persaingan sangat diperlukan, dikarenakan antisipasi merupakan jalan tengah untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan cara yanh sehat dan tidak merugikan satu sama lain

    ReplyDelete
  16. Nama : Valina Adzra Salsabila
    NPM : 1120210265

    Persaingan adalah ketika satu pihak mencoba untuk memenangkan sesuatu, dalam hal ini perusahaan berusaha untuk mendapatkan pangsa pasar dan mendapatkan laba lebih besar ketimbang perusahaan lain.
    Persaingan perlu di antisipasi karena jika kita tidak mengantisipasinya maka kemungkinan terburuknya ialah konsumen beralih ke produk kompetitor. Maka dari itu, perusahaan harus tetap berinovasi dalam pengembangan produk maupun memperbaiki pelayanan agar konsumen tetap mau membeli produk kita.

    ReplyDelete
  17. 1. Persaingan merupakan suatu proses sosial, dimana individu atau kelompok bersaing mencoba untuk memenangkan sesuatu atau menjadi lebih sukses dari pihak lain.

    2.Karena suatu perusahaan harus membandingkan secara teratur produk, harga , saluran dan promosi yang dimiliki oleh para pesaing, dengan cara ini kita dapat mengidentifikasi area keunggulan dan kelemahan para pesaing dan dapat bersaing dengan baik.

    ReplyDelete
  18. 1. Persaingan adalah bersaingnya para penjual yang sama-sama berusaha mendapatkan keuntungan, pangsa pasar, dan jumlah penjualan.

    2. Karena persaingan itu pasti ada, mulai dari produk yang sama atau bahkan tempat atau toko yang bersebelahan, jadi perusahaan dapat melakukan pengembangan posisi produk untuk setiap produk yang bersangkutan.

    ReplyDelete
  19. 1. persaingan adalah suatu proses sosial dimana antara individu atau kelompok bersaing untuk mendapat keuntungan/ tujuan.

    2. menurut saya, agar produk atau jasa yg kompetitor sediakan tidak lebih unggul dari milik kita, dan dapat mempertahankan perusahaan,selain itu juga dapat mengambil cara terbaik untuk bersaing dgn kompetitor lainnya

    ReplyDelete
  20. Laura Maharani 1120210195

    Persaingan adalah sebuah proses dari kegiatan sosial yang dimana terjadi diantara individu maupun antar kelompok yang dimana akan sellau bersaing untuk mendapatkan segala macam bentuk dari tujuan dan juga keuntungan.

    Karna persaingan menjadi salah satu resiko besar yang harus dihadapi oleh pembisnis, bisnis saat ini sangat besar bahkan banyak sekali yang menjalankan bisnis bisnis di bidang yang sama. Tentu hal tersebut tidak dapat dipungkiri dan dicegah oleh mereka yang telah menjalankan bisnis, karena kreativitas dan inovasi juga terus berkembang.

    ReplyDelete
  21. persaingan ialah kegiatan kompetisi ketika beberapa pelaku bisnis berlomba-lomba dengan rivalitasnya dalam mencapai tujuan
    bisnis dengan memperoleh konsumen dan menawarkan barang atau jasa yang baik dengan kualitas yang baik juga

    persaingan diperlukan agar suatu bisnis bisa memperoleh banyak konsumen dan memenuhi pangsa pasar tertentu, juga agar kelangsungan suatu bisnis
    dapat terus berjalan dan berkembang tanpa kalah dengan dominasi kompetitor yang dapat berimbas kepada menurunnya laba bisnis kita.

    ReplyDelete
  22. persaingan adalah bersaingnya para penjual yang sama-sama berusaha mendapatkan keuntungan melalui jumlah penjualan dan pangsa pasar

    persaingan perlu di antisipasi karena dalam berbisnis kita mencari keuntungan dan meminimalisir kerugian, jadi tentu saja dalam persaingan bisnis kita perlu mengantisipasinya agar kita mendapatkan keuntungan dan lebih unggul dari pesaing kita. dalam hal ini para penjual yang biasannya berusaha mengungguli persaingannya dengan membedakan harga, produk, distribusi dan promosi.

    ReplyDelete
  23. persaingan adalah upaya dalam bersuha untuk mendapatkan suatu hal
    Mengapa persaingan perlu diantisipasi didalam manajemen pemasaran?
    menurut saya dengan mengantisipai persaingan perusahaan jadi mampu untuk bersaing dengan yang lainnya serta dapat membatu dalam kemajuan perusahaan

    ReplyDelete
  24. Kukuh Budi Satrio (1120210189)

    Persaingan adalah proses sosial ketika ada dua pihak atau lebih saling berlomba dan berbuat sesuatu untuk mencapai kemenangan tertentu.

    Persaingan perlu diantisipasi dalam manajemen pemasaran karena persaingan sendiri merupakan kompetisi yang mana ada yang sehat dan tidak sehat. Selain itu, persaingan perlu diantisipasi supaya kita dapat menentukan strategi serta target pemasaran agar dapat unggul di pasar persaingan.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. persaingan (competition) adalah suatu proses sosial ketika ada dua pihak atau lebih saling berlomba dan berbuat sesuatu untuk mencapai kemenangan tertentu. Persaingan terjadi apabila terdapat beberapa pihak menginginkan sesuatu yang jumlahnya terbatas atau mejadi pusat perhatian umum.

    . Untuk mengurangi pesaing yang muncul yang nantinya akan menciptakan produk atau jasa yang lebih unggul dari yang sudah ada sebelumnya serta menghindari adanya persaingan yang tidak sehat di dalam pemasaran

    ReplyDelete
  27. 1. persaingan adalah usaha dari dua pihak atau lebih perusahaan yang masing-masing berusaha mendapatkan pesanan dengan menawarkan harga atau syarat yang paling menguntungkan.

    2. persaingan perlu diantisipasi karena perusahaan dapat memutuskan dimana perusahaan memiliki peluang terbaik untuk memenangkan persaingan.

    ReplyDelete
  28. Zaidan Daffa Muhammad-1121210177


    1.persaingan adalah proses sosial yang melibatkan individu atau kelompok yang saling berlomba dan berbuat sesuatu untuk mencapai kemenangan tertentu

    2.Mengapa persaingan perlu di antisipasi di dalam manajemen pemasaran
    untuk memberikan gambaran mengenai target dari pemasaran suatu produk yang dijual. Selanjutnya perusahaan dapat melakukan pengembangan posisi produk dan strategi pemasaran marketing untuk setiap produk yang bersangkutan.

    ReplyDelete
  29. Arika Ayu Lestari
    1120210253

    Persaingan merupakan bersaingnya para penjual yang sama-sama berusaha mendapatkan keuntungan, pangsa pasar, dan jumlah penjualan.

    Persaingan perlu diantisipasi untuk memahami para pesaing agar bisa menciptakan barang atau jasa yang lebih baik dari kompetitor juga dapat mengantisipasi persaingan yang tidak sehat

    ReplyDelete
  30. Ahmad Fikri
    1120210209

    persaingan adalah suatu mekanisme yang efektif dan efisien yang bertujuan untuk menemukan solusi-solusi baru atas masalah-masalah baru dan tantangan-tantangan baru yang selalu muncul dalam dunia ekonomi.

    Persaingan menjadi suatu hal yang penting karena membuat para produsen lebih kompetitif dalam menghadirkan suatu produk dan tentu hal ini menguntungkan konsumen.

    jika kita membahas bisnis monopoli yang terjadi di indonesia tentu sangat menyedihkan yang mana persaingan tidak terjadi disana apabila harga dinaikan secara sepihak konsumen hanya bisa teriak dan tidak bisa berbuat apa apa. Tak hanya monopoli, oligopoli pun juga sama walaupun konsumen bisa memilih namun realitanya ketika satu perusahaan menaikan harga produknya maka perusahaan lain juga menaikan harga produknya.

    Jika persaingan terjadi terjadi di pasar bebas permasalahan eskalasi harga tentu akan bisa diatas konsumen dengan memilih produk lain yang memiliki value atau harga yang lebih efisien.

    ReplyDelete
  31. 1. Apa itu persaingan?
    Jawab : Persaingan atau kompetisi adalah bersaingnya para penjual yang sama-sama berusaha mendapatkan keuntungan, pangsa pasar, dan jumlah penjualan.

    2. Mengapa persaingan perlu di antisipasi di dalam manajemen pemasaran?
    Jawab : Untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat, kita dapat mengetahui trend dan strategi yang tepat untuk bisnis

    ReplyDelete
  32. 1. Persaingan merupakan suatu proses sosial ketika ada dua pihak atau lebih saling berlomba dan berbuat sesuatu untuk mencapai suatu kemenangan tertentu.

    2. Mengapa perlu mengantisipasi persaingan untuk mengenali dan memdefinisikan masalah yang di hadapi oleh organisasi sebagai dasar acuan untuk menyusun langkah selanjutnya.

    ReplyDelete
  33. Nur anisa amania
    1120210205

    Apa itu Persaingan atau kompetisi (competition) adalah ketika satu pihak mencoba untuk memenangkan sesuatu atau menjadi lebih sukses dari pihak lain.

    Mengapa persaingan perlu di antisipasi di dalam manajemen pemasaran?
    = Strategi pemasaran untuk meraih kesuksesan UKM yang pertama adalah tentang nama brand. Hal terpenting di sini adalah seberapa besar brand dan produk memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan dalam jangka waktu yang panjang.
    Dengan memperkuat nama brand, bisnis Anda akan lebih mudah dikenali dan secara tidak langsung akan mudah dipilih oleh konsumen untuk mewakili produk-produk serupa

    ReplyDelete