Monday, April 18, 2022

Discussion Forum 7

 Topik Minggu ini;
1. Apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar?
2. Mengapa kita perlu memahami segmentasi pasar?
Berikan pendapatmu di kolom comment dibawah ini

33 comments:

  1. Nama: Annur Desnoza Syarif
    NPM: 1121210029
    1. Apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar?
    kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen ke dalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen atau proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli.

    2.Mengapa kita perlu memahami segmentasi pasar?
    proses memecah pasar total ke dalam kelompok pelanggan relatif homogen dalam hal kebutuhan dan keinginan serta dalam menanggapi bauran pemasaran perusahaan. Dengan mengidentifikasi target pasar yang lebih spesifik, perusahaan dapat mengembangkan bauran pemasaran yang sesuai untuk masing-masing segmen target mereka.

    ReplyDelete
  2. Arika Ayu Lestari
    1120210253

    1. Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

    2. Dengan adanya segmentasi pasar, sebuah perusahaan mampu melakukan evaluasi terhadap semua aktivitas pemasaran sebelumnya. Hal itu tentunya bisa membantu perusahaan supaya mampu mengetahui taktik pemasaran yang sinkron menggunakan ciri pasar supaya mampu sebagai acuan waktu akan menciptakan perencanaan usaha kedepannya

    ReplyDelete
  3. 1. Segmentasi pasar adalah pembagian sebuah pasar menjadi suatu kelompok pembeli yang berbeda.

    2. Segmentasi pasar merupakan hal yang sangat penting dalam suatu bisnis. Hal tersebut sangat krusial dalam sebuah bisnis karena menentukan cara pemasaran produk dengan tepat. Segmentasi ini meliputi strategi-strategi yang perlu dipikirkan oleh para pelaku bisnis agar mereka dapat mencapai targetnya dengan baik.
    Manfaat Segmentasi :
    - Ide pemasaran lebih fokus terhadap hal-hal tertentu
    - Lebih mudah mengatur produk
    - Memudahkan perusahaan untuk mengatur pengeluaran
    - Membandingkan pasar yang serupa dengan bisnis Anda

    ReplyDelete
  4. 1. Merupakan sebuah kegiatan pemetaan target konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan ataupun perilakunya agar sebuah perusahaan mampu mengenali keinginan serta kebutuhan konsumen nya dengan baik

    2. Agar produk yang kita jual tepat sesuai dengan sasaran, dan secara tidak langsung segmentasi pasar turut membantu meningkatkan efektivitas pemasaran dan juga efisiensi sumber daya perusahaan

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. M Rizki Istiawan - 1121210055

    1. Segmentasi pasar merupakan sebuah proses yang menempatkan konsumen ke dalam kelompok berbeda dengan kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang berbeda dengan memiliki respon yang sama terhadap suatu program pemasaran untuk mendapatkan hasil yang optimal

    2. Dengan kita memahami segmentasi pasar akan menjadikan produk yang ada dalam bisnis kita mendapatkan respon yang positif dari konsumen serta mampu memenuhi kebutuhan setiap orang dan memahami konsumen produk apa yang mereka butuhkan.

    ReplyDelete
  7. RIFKY ADILLA_1121210078
    1. Segmentasi pasar adalah sebuah strategi dimana perusahaan agar mengetahui target konsumennya dengan lebih baik sehingga, bisnis yang dijalankan akan membawa hasil yang optimal dengan cara perusahaan membagi-bagi kelompok konsumen ke beberapa kategori sesuai dengan kebutuhan, keinginan, perilaku, karakteristik yang berbeda dari masing” konsumen.


    2. Karena, dengan perusahaan memahami segmentasi pasar dengan tepat, maka perusahaan akan lebih terkonsentrasi lagi dalam melakukan kegiatan pemasaran dan dalam melakukan pemasaran yang efektif, perusahaan harus memahami dulu segmentasi pasarnya. Konsumen yang akan di targetkan seperti apa yang membutuhkan produk perusahaan yang akan dipasarkan. Dengan begitu, perusahaan akan menyediakan kebutuhan sekaligus keinginan konsumen yang dituju secara bervariasi dengan menggunakan model yang berbeda sesuai dengan segmentasi pasar yang akan dituju. Inilah mengapa bahwa perusahaan perlu memahami segmentasi pasar, karena agar perusahaan mampu memasarkan produk mereka dengan tepat sasaran, dan jika perusahaan melakukan pemasaran yang efektif maka, perusahaan pun efektivitas pemasaran dan efisiensi sumber daya akan meningkat. Begitu juga dengan pendapatan perusahaan yang akan meningkat juga.

    ReplyDelete
  8. 1. Segmentasi pasar adalah strategi pemetaan target konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan, ataupun perilakunya agar perusahaan mampu mengenali kelompok konsumen tersebut dengan lebih baik sehingga perusahaan dapat mengetahui target konsumen mana yang tepat untuk bisnisnya

    2. segmentasi pasar membantu suatu perusahaan dalam memenuhi kebutuhan konsumen, meningkatkan daya tarik konsumen serta membantu pemasaran menjadi lebih baik dan terarah

    ReplyDelete
  9. Viona Naura

    1. segmentasi pasar ialah suatu pembagian sebuah pasar menjadi kelompok pembeli yg berbeda yg mempunyai karakteristik, kebutuhan, atau perilaku yg berbeda.

    2. karena dgn adanya segmentasi pasar, sebuah perusahaan mampu melakukan evaluasi terhadap semua aktivitas pemasaran sebelumnya. selain itu, untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah di rencanakan, dan juga agar lebih terarah serta sumber daya pada perusahaan juga bisa dipakai secara efisien dan efektif.

    ReplyDelete
  10. segmentasi pasar adalah strategi pemetaan target konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan, ataupun perilakunya agar perusahaan mampu mengenali kelompok konsumen tersebut dengan lebih baik.
    mengapa perlu memahami?karna membuat perusahaan mampu mengetahui secara lebih baik tingkat kebutuhan dan keinginan para pelanggannya. Dengan begitu, perusahaan pun bisa menawarkan beragam jenis penawaran ataupun promosi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para pelanggannya.

    ReplyDelete
  11. segmentasi pasar adalah sekelompok pembeli yang memiliki karakteristik yang sama dan memberikan respon yang sama terhadap aktivitas pemasaran.

    dengan segmentasi pasar yang terarah, maka peluang profit yang dihasilkan oleh perusahaan akan semakin lebih besar dan perusahaan juga akan lebih lincah dalam melakukan scale-up bisnis.

    ReplyDelete
  12. 1. Apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar?
    segmentasi pasar adalah kegiatan membagi pasar yang luas menjadi terpetak-petak sesuai kebutuhan dan karakteristik konsumen

    2. Mengapa kita perlu memahami segmentasi pasar?
    karena hal itu tentunya bisa membantu perusahaan supaya mampu mengetahui taktik pemasaran yang sinkron menggunakan ciri pasar supaya mampu sebagai acuan waktu akan menciptakan perencanaan usaha kedepannya

    ReplyDelete
  13. Nama : Valina Adzra Salsabila
    NPM : 1120210265

    Segmentasi pasar ialah tindakan membagi pasar ke dalam kelompok pembeli yang berbeda sesuai dengan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda yang mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran terpisah. Kita perlu memahami segmentasi pasar agar kita dapat mengetahui tingkat keinginan dan kebutuhan pelanggan yang lebih baik sehingga kita dapat menawarkan beragam jenis penawaran yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.

    ReplyDelete
  14. 1. Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

    2. Sebab segmentasi pasar merupakan hal yang sangat penting dalam suatu bisnis. Hal tersebut sangat krusial dalam sebuah bisnis karena menentukan cara pemasaran produk dengan tepat. Segmentasi ini meliputi strategi-strategi yang perlu dipikirkan oleh para pelaku bisnis agar mereka dapat mencapai targetnya dengan baik.

    ReplyDelete
  15. 1. segmentasi pasar merupakan pembagian pasar menjadi kelompok kelompok pembeli yang berbeda karena kebutuhan, karakteristik, perilaku, atau keinginan yang berbeda-beda .

    2. karena dengan adanya segmentasi pasar, perusahaan/pengusaha dapat menganalisis dan mengevaluasi aktivitas serta kejadian pasar. Sehingga, perusahaan/pengusaha dapat menggunakan strategi pemasaran yang tepat agar tujuan dari sebuah pemasaran tercapai.

    ReplyDelete
  16. 1. Segmentasi pasar adalah pembagian sebuah pasar menjadi suatu kelompok pembeli yang berbeda. Tujuannya untuk membentuk kelompok pasar yang homogen, sehingga di dalam pasar tersebut dapat ditargetkan untuk memasarkan sebuah produk tertentu yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan karakteristik pembeli.

    2.Karena sebuah perusahaan mampu melakukan evaluasi terhadap kegiatan pemasaran sebelumnya. Dengan ada nya segmentasi pemasaran perusahaan mampu mengetahui strategi pemasaran yang seimbang agar mampu menjadikan acuan waktu untuk menciptakan perencanaan usaha kedepannya.

    ReplyDelete
  17. Segmensi pasar merupakan salah satu aspek penting dan strategi dalam segi berbisnis untuk mengenali bagaimana target pasar sehingga perusahaan dapat mencapai target yang telah direncanakan sebelumnya.
    Menurut saya dengan memahami segmentasi pasar maka perusahaan akan mampu melakukan evaluasi terhadap semua aktifitas pemasaran sebelumnya, selain itu juga bisa membantu perusahaan mengetahui taktik sinkron.

    ReplyDelete
  18. 1.segmentasi pasar adalah strategi perusahaan untuk mengetahui target konsumen dengan lebih baik sehingga bisnis yang dijalankan dapat membawa hasil yang optimal.

    2. segmentasi pasar pemasaran yang mengacu pada pengelompokkan calon pembeli ke dalam segmen dengan kebutuhan yang sama atau respons serupa terhadap tindakan pemasaran

    ReplyDelete
  19. 1.Menurut Tjiptono (2008: 69) bahwa segmentasi pasar adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa yang bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, di mana masing-masing segmennya cenderung bersifat homogen dalam segala aspek.
    2.Karena dengan mengetahui segmen pasar yang tepat, perusahaan akan lebih terkonsentrasi dalam melakukan kegiatan pemasaran.

    ReplyDelete
  20. 1. Segmentasi pasar adalah pemetaan ataupun pengklasifikasian konsumen yang memiliki karakteristik, daya beli, kebutuhan yang berbeda-beda di dalam situasi market tertentu agar perusahaan dapat mencari target konsumen yang tepat

    2. Segmentasi pasar perlu dilakukan agar
    - Meningkatkan pelayanan konsumen supaya lebih baik
    - Membuat strategi pemasaran dapat lebih terarah
    - Dapat digunakan buat merencanakan bisnis dan mengevaluasi target
    - Dapat mengenal lawan perusahaan

    ReplyDelete
  21. 1. Segmentasi pasar adalah sebuah strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk membagi kelompok konsumen ke beberapa kategori seperti kebutuhan, karakteristik maupun perilaku yang berbeda di dalam suatu pasar tertentu.

    2. Karena dengan mengetahui segmentasi pasar perusahaan tersebut dapat memasarkan produk secara sempurna dan tepat sasaran dan perusahaan akan lebih terkonsentrasi dalam melakukan kegiatan pemasaran.

    ReplyDelete
  22. Laura Maharani 1120210195

    1. Yang dimaksud dengan segmentasi pasar yaitu kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.

    2. Mengapa perlu memahami segmentasi pasar salah satunya yaitu demi meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah di rencanakan, dan juga agar lebih terarah serta sumber daya pada perusahaan juga bisa dipakai secara efisien dan efektif.

    ReplyDelete
  23. Segmentasi pasar adalah sebuah strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk membagi bagi kelompok konsumen berdasarkan beberapa kategori seperti kebutuhan, karakteristik maupun demografis yang berbeda di dalam suatu pasar tertentu.

    Kita perlu memahami segementasi pasar karena Pasar itu sifatnya sangat heterogen, oleh karena itu pelaku bisnis perlu mengelompokkan kembali kelompok konsumennya agar target konsumen tersebut menjadi lebih spesifik, hal ini akan mempermudah proses penentuan marketing mix sehingga strategi pemasaran bisa lebih terstruktur.

    ReplyDelete
  24. 1. Apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar?
    Jawab : Segmentasi pasar adalah strategi pemetaan target konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan, ataupun perilakunya agar perusahaan mampu mengenali kelompok konsumen tersebut dengan lebih baik.

    2. Mengapa kita perlu memahami segmentasi pasar?
    Jawab : Karena segmentasi pasar memiliki berbagai tujuan dan manfaat yang berdampak signifikan terhadap pertumbuhan suatu perusahaan. Dengan mengetahui segmen pasar yang tepat, perusahaan akan lebih terkonsentrasi dalam melakukan kegiatan pemasaran. Dengan pemasaran yang terarah, maka peluang profit yang dihasilkan oleh perusahaan akan semakin lebih besar.
    Sementara itu, dengan adanya segmen pasar yang tepat, perusahaan juga akan lebih lincah dalam melakukan scale-up bisnis. Sehingga perusahaan atau brand yang kita buat akan lebih cepat bertumbuh.

    ReplyDelete
  25. afrizal zulkifli

    1.segmentasi pasar adalah pembagian sebuah pasar ke dalam kelompok berbeda yang ditujukan untuk melakukan pemasaran sesuai karakteristik, kebutuhan, serta keinginannya masing-masing.

    2.Dengan adanya segmentasi pasar, sebuah perusahaan mampu melakukan evaluasi terhadap semua aktivitas pemasaran sebelumnya. Hal itu tentunya bisa membantu perusahaan supaya mampu mengetahui taktik pemasaran yang sinkron menggunakan ciri pasar supaya mampu sebagai acuan waktu akan menciptakan perencanaan usaha kedepannya.

    ReplyDelete
  26. Kukuh Budi Satrio (1120210189)

    1. Segmentasi pasar adalah strategi marketing yang mengacu pada pembagian target pasar ke kelompok atau segmen yang lebih kecil. Segmentasi bisa dibagi berdasarkan demografi, kebutuhan, prioritas, minat, perilaku, dan lainnya. Lewat segmentasi pasar ini, kita bisa mencoba lebih memahami kelompok konsumen yang ditargetkan.

    2. Alasan mengapa segmentasi pasar perlu dipahami yaitu agar perusahaan mampu memasarkan produk secara tepat sasaran. Untuk melakukan pemasaran yang efektif, perusahan harus memahami konsumen seperti apa yang membutuhkan produk mereka. Sebuah perusahaan akan menyediakan kebutuhan dan keinginan konsumen bervariasi dengan menggunakan model yang berbeda tergantung segmen yang akan dituju. Jika perusahaan melakukan segmentasi pasar dengan efektif, secara tidak langsung perusahaan turut meningkatkan efektivitas pemasaran dan juga efisiensi sumber daya perusahaan. Sehingga pendapatan perusahaan juga semakin meningkat.

    ReplyDelete
  27. Zaidan Daffa Muhammad-1121210177

    1. Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

    2.Segmentasi pasar merupakan hal yang sangat penting dalam suatu bisnis. Hal tersebut sangat krusial dalam sebuah bisnis karena menentukan cara pemasaran produk dengan tepat. Segmentasi ini meliputi strategi-strategi yang perlu dipikirkan oleh para pelaku bisnis agar mereka dapat mencapai targetnya dengan baik.
    Manfaat Segmentasi :
    - Ide pemasaran lebih fokus terhadap hal-hal tertentu
    - Lebih mudah mengatur produk
    - Memudahkan perusahaan untuk mengatur pengeluaran
    - Membandingkan pasar yang serupa dengan bisnis Anda

    ReplyDelete
  28. 1. Segmentasi pasar adalah strategi pemetaan target konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan, ataupun perilakunya agar perusahaan mampu mengenali kelompok konsumen tersebut dengan lebih baik.

    2. Melalui segmentasi pasar, perusahaan dapat mengetahui target konsumen mana yang tepat untuk bisnisnya. Dengan demikian, bisnis diharapkan bisa memberikan hasil secara optimal dan memiliki efektifitas pemasaran yang tinggi.

    ReplyDelete
  29. Ananda Berliana Putri-1120210248
    1. Segmentasi pasar adalah strategi pemetaan target konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan, ataupun perilakunya agar perusahaan mampu mengenali kelompok konsumen tersebut dengan lebih baik
    2. Karena dengan itu mengetahui segmentasi pasar,sebuah perusahaan mampu melakukan evaluasi terhadap semua aktivitas pemasaran sebelumnya. Hal itu bisa membantu perusahaan supaya mampu mengetahui taktik pemasaran yang sinkron menggunakan ciri pasar supaya mampu sebagai acuan waktu akan menciptakan perencanaan usaha kedepannya

    ReplyDelete
  30. jaknis sri denpasari
    1120210204
    1).Segmentasi pasar adalah strategi perusahaan untuk mengetahui target konsumen dengan lebih baik sehingga bisnis yang dijalankan dapat membawa hasil yang optimal


    2).kita perlu memahami segmentasi pasari ialah dikarenakan menentukan segmentasi pasar sangatlah krusial dan memahami segmentasi pasar ialah agar dapat memasarkan produk secara sempurna dan tepat sasaran.
    Dengan adanya segmentasi pasar, sebuah perusahaan mampu melakukan evaluasi terhadap semua aktivitas pemasaran sebelumnya. Hal itu tentunya bisa membantu perusahaan supaya mampu mengetahui taktik pemasaran yang sinkron menggunakan ciri pasar supaya mampu sebagai acuan waktu akan menciptakan perencanaan usaha

    ReplyDelete
  31. 1. segmentasi pasar adalah suatu strategi untuk mengenali target konsumen lebih dalam sehingga bisnis pun bisa dijalankan dengan langkah tepat.
    2. Karena segmentasi pasar merupakan salah satu aspek penting dalam bisnis yang dapat memberi begitu banyak manfaat terhadap perusahaan.

    ReplyDelete
  32. 1. Segmentasi Pasar atau Market Segmentation adalah proses pendefinisian dan pengelompokan pasar homogen yang besar menjadi segmen-segmen yang dapat diidentifikasi dengan jelas berdasarkan kebutuhan, keinginan atau karakteristik permintaan yang serupa.

    2. Segmentasi pelanggan atau pasar adalah kunci untuk membuat kampanye pemasaran yang sangat tertarget yang akan beresonasi paling banyak dengan kelompok audiens tertentu yang melihatnya. Semakin relevan kampanye pemasaran Anda, semakin banyak audiens Anda dapat melihat bagaimana bisnis Anda dapat membantu mereka secara spesifik.

    ReplyDelete
  33. Nama: Nur Anisa Amania
    NPM : 1120210205

    -Segmentasi pasar adalah strategi perusahaan untuk mengetahui target konsumen dengan lebih baik sehingga bisnis yang dijalankan dapat membawa hasil yang optimal.

    -Dengan adanya segmentasi pasar, sebuah perusahaan mampu melakukan evaluasi terhadap semua aktivitas pemasaran sebelumnya. Hal itu tentunya bisa membantu perusahaan supaya mampu mengetahui taktik pemasaran yang sinkron menggunakan ciri pasar supaya mampu sebagai acuan waktu akan menciptakan perencanaan usaha kedepannya

    ReplyDelete