Monday, April 11, 2022

Discussion Forum 6

 Topik Minggu Ini;
1. Apa yang dimaksud Pasar Konsumen
2. Mengapa perlu memahami Pasar konsumen?


Berikan pendapatmu di kolom Comment dibawah ini.

31 comments:

  1. 1.semua individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk konsumsi pribadi.

    2.Setiap pemasar berkewajiban untuk memahami konsumen untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnisnya. Tanpa mengenal konsumen, pemasar akan mendapatkan kesulitan yang akhirnya dapat menjauhkannya dari konsumen.
    Jika konsumen sudah jauh dari bisnis yang dijalankan pemasar, menjadi pertanda bisnis yang sedang dijalanan dan dikembangkan akan berujung pada kegagalan.
    Setidaknya terdapat 3 (tiga) hal yang wajib diketahui oleh pemasar atas konsumennya, yaitu
    • Mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen
    • Mengetahui apa seleranya
    • Bagaimana konsumen mengambil keputusan

    ReplyDelete
  2. 1. Pasar konsumen (consumer market) adalah pasar yang memungkinkan kita, sebagai konsumen, membeli barang, produk, dan menggunakan jasa. Pasar yang dimana pembelinya adalah individual yang membeli produk untuk digunakan atau disewakan.

    2. Untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnisnya. Tanpa mengenal konsumen, pemasar akan mendapatkan kesulitan yang akhirnya dapat menjauhkannya dari konsumen. Kemudian memberikan gambaran mengenai target dari pemasaran suatu produk yang dijual. Selanjutnya perusahaan dapat melakukan pengembangan posisi produk dan strategi pemasaran marketing untuk setiap produk yang bersangkutan.

    ReplyDelete
  3. RIFKY ADILLA_1121210078
    Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli suatu produk untuk dikonsumsi biasanya, yang termasuk dalam kelompok ini adalah pembeli individual atau pembeli rumah tangga dengan begitu, barang yang dibeli bukan untuk dijual ataupun diproses lebih lanjut lagi.

    Karena, memahami pasar konsumen ini sangat penting bagi suatu bisnis yang sedang dijalankan untuk menemukan kesuksesan dan kelancaran dalam produknya saat ini maupun peluncuran produk baru. Setiap konsumen memiliki cara berpikir dan bersikap yang berbeda dalam membeli produk tertentu dengan begitu, suatu perusahaan harus memahami pasar konsumen agar meningkatkan penjualan sebuah bisnis dan dapat menafsirkan beberapa risiko yang akan timbul karena, disaat ingin melakukan perencanaan maka, harus memahami kondisi pasar dan perilaku konsumen agar perencanaan yang dibuat sesuai dengan kondisi pasar saat ini dan juga dapat memahami keinginan juga kebutuhan konsumen. Dengan begitu maka, target yang ingin dituju akan tepat sasaran.

    ReplyDelete
  4. 1. Apa yang dimaksud Pasar Konsumen
    Pasar Konsumen adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk konsumsi pribadi. Sedangkan menurut salah satu ahli pemasaran pasar konsumen adalah pasar yang dimana pembelinya adalah individual yang membeli produk untuk digunakan atau disewakan.

    2. Mengapa perlu memahami Pasar konsumen?
    karena untuk menemukan kesuksesan untuk produknya saat ini serta peluncuran produk baru. Setiap konsumen memiliki proses berpikir dan sikap yang berbeda dalam membeli produk tertentu.

    ReplyDelete
  5. Semua orang yang membeli
    ataupun menggunakan barang dan jasa untuk di konsumsi pribadi.

    Seorang wirausaha harus dapat mengerti dan memahami pasar konsumen, karena pada akhirnya dalam memasarkan suatu barang atau jasa kita harus tau target pasarnya dan kita harus paham barang atau jasa apa yang di ingini oleh konsumen

    ReplyDelete
  6. pasar konsumen adalah semua individu yang membeli suatu produk untuk dikonsumsi sendiri. dengan memahami konsumen, penjual akan dimudahkan dalam menjual dan menawarkan produknya sehingga meminimalkan kerugian

    ReplyDelete
  7. apa yang dimaksud pasar konsumen?
    kelompok individual yang membeli dan mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi

    mengapa perlu memahami pasar konsumen?
    karena itu sangat penting. penting dalam menjalankan bisnisnya untuk bisa mencapai kesuksesan. selain itu juga membantu bisnis untuk membangun strategi pemasaran yang sukses

    ReplyDelete
  8. Pasar konsumen adalah individu dan rumah tangga yang membeli barang dan jasa untuk konsumsi pribadi. Pasar konsumen ini merupakan target calon konsumen yang akan di targetkan dalam memasarkan produk yang akan dijual.
    mengapa perlu memahami pasar konsumen? Agar pemasar dapat menciptakan strategi pemasaran yang efektif dan tepat sasaran, perlu memahami apa saja yang dapat mempengaruhi persepsi konsumen sehingga mereka mau melakukan pembelian

    ReplyDelete
  9. 1. Pasar Konsumen merupakan pasar yang dikhususkan untuk konsumen dimana barang/jasa yang ditawarkan untuk dikonsumsi/dipakai secara pribadi menurut kebutuhan serta keinginannya

    2. Pentingnya memahami pasar konsumen karena hal ini menjadi permulaan penting dalam mencapai kesuksesan sebuah peluncuran produk. Setiap orang memiliki pola pikir, kebutuhan, serta keinginan yang berbeda. Misalnya, untuk saat ini sebagai pebisnis kita harus bisa membaca trend masa kini untuk mengetahui apa yang konsumen inginkan. Hal ini juga menjadi pendorong lancarnya proses pemasaran hingga mendapatkan keuntungan.

    ReplyDelete
  10. Arika Ayu Lestari
    1120210253

    1. Pasar Konsumen adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang/jasa untuk konsumsi pribadi. Sedangkan menurut salah satu ahli pemasaran pasar konsumen adalah pasar yang dimana pembelinya adalah individual yang membeli produk untuk digunakan/disewakan.

    2.Konsumen adalah fokus utama perhatian pemasaran.Mempelajari apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen merupakan hal yang sangat penting. Dengan mempelajari dan memahami perilaku konsumen, pemasar akan lebih mudah dalam menentukan kebijakan yang tepat serta efisien.

    ReplyDelete
  11. M Rizki Istiawan - 1121210055

    1. Pasar konsumen itu seperti sekelompok orang atau pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsi bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut, seperti ibu rumah tangga yang membeli kebutuhan pokok untuk kehidupan sehari-hari

    2. Dengan kita memahami Pasar Konsumen untuk menentukan kebutuhan konsumen yang sedang di butuhkan atau yang ingin di penuhi dan juga untuk memuaskan dan keinginan konsumen

    ReplyDelete
  12. Ananda Berliana Putri 1120210248
    1. Pasar Konsumen adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk konsumsi pribadi
    2. Karena untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnisnya. Tanpa mengenal konsumen,pemasar akan mendapatkan kesulitan yang akhirnya dapat menjauhkannya dari konsumen

    ReplyDelete
  13. AFRIZAL ZULKIFLI

    1. pasar konsumen (consumer market) adalah pasar yang memungkinkan kita, sebagai konsumen, membeli barang, produk, dan menggunakan jasa. Contoh pasar konsumen adalah pasar makanan dan minuman, pusat perbelanjaan pakaian, dan pasar tempat jual beli kendaraan.

    2.Setiap pemasar berkewajiban untuk memahami konsumen untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnisnya. Tanpa mengenal konsumen, pemasar akan mendapatkan kesulitan yang akhirnya dapat menjauhkannya dari konsumen.

    ReplyDelete
  14. 1. pasar yang memungkinkan para konsumen untuk membeli barang dan menggunakan jasa.
    2. Agar dapat meraih sebuah kesuksesan mereka dalam bisnis yang sedang dijalankan, maka jika kita tidak mengenal konsumen terlebih dahulu pasar kemungkinan akan mendapatkan kesulitan yang akhirnya perusahaan akan kesulitan dalam mempertahankan costumer.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Zaidan Daffa Muhammad - 1121210177

    1.Pasar Konsumen adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang/jasa untuk konsumsi pribadi. Sedangkan menurut salah satu ahli pemasaran pasar konsumen adalah pasar yang dimana pembelinya adalah individual yang membeli produk untuk digunakan/disewakan.

    2.Setiap pemasar berkewajiban untuk memahami konsumen untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnisnya. Tanpa mengenal konsumen, pemasar akan mendapatkan kesulitan yang akhirnya dapat menjauhkannya dari konsumen.
    Jika konsumen sudah jauh dari bisnis yang dijalankan pemasar, menjadi pertanda bisnis yang sedang dijalanan dan dikembangkan akan berujung pada kegagalan.
    Setidaknya terdapat 3 (tiga) hal yang wajib diketahui oleh pemasar atas konsumennya, yaitu
    • Mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen
    • Mengetahui apa seleranya
    • Bagaimana konsumen mengambil keputusan

    ReplyDelete
  17. 1. Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsikan, bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut. Oleh karena itu, yang termasuk kelompok ini adalah pembeli individual/pembeli rumah tangga.

    2. perlunya memahami pasar konsumen karena kita dapat memahami kebutuhan, keinginan dan harapan konsumen secara lebih baik. Pemahaman yang mendalam mengenai konsumen akan mempengaruhi keputusan konsumen, sehingga mau membeli apa yang ditawarkan pemasar.

    ReplyDelete
  18. Nama : Valina Adzra Salsabila
    NPM : 1120210265

    Pasar konsumen ialah sekelompok pembeli yang membeli produk untuk di konsumsi dan bukan untuk dijual maupun diproses lebih lanjut. Yang termasuk ke dalam pasar konsumen ini ialah pembeli rumah tangga maupun pembeli individual.

    Kita perlu memahami pasar konsumen agar kita lebih memahami konsumen dari segi apa yang mereka butuhkan, selera apa saja yang mereka senangi serta pertimbangan apa saja yang di pikirkan konsumen dalam mengambil keputusan. Hal ini dilakukan agar pemasar dapat lebih dekat dengan konsumen.

    ReplyDelete
  19. 1. Pasar konsumen adalah sekumpulan atau sekelompok pembeli yang membeli barang barang untuk dikonsumsi, bukan untuk dijual kembali ataupun diproses lebih lanjut.

    2. Pasar konsumen perlu dipahami karena dengan ini pelaku bisnis dapat memahami bagaimana sikap konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian, sehingga pelaku bisnis dapat menyusun strategi yang efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  20. Laura Maharani 1120210195

    1. Apa yang dimaksud pasar konsumen? Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk di konsumsikan, bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut. Contohnya: seperti rumah tangga yang membeli kebutuhan rumah tangga seperti membeli kebutuhan pokok untuk kehidupan sehari-hari.

    2. Mengapa perlu memahami pasar konsumen? Agar dapat memprediksi dan berekspektasi untuk pasar kedepannya sehingga dapat memutuskan yang terbaik. Setiap pemasar berkewajiban untuk memahami konsumen untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnisnya. Tanpa mengenal konsumen, pemasar akan mendapatkan kesulitan yang akhirnya dapat menjauhkannya dari konsumen.

    ReplyDelete
  21. pasar konsumen adalah pasar yang dimana pembelinya adalah individual yang membeli produk untuk digunakan atau disewakan.
    Agar tahu calon konsumen yang ingin ditargetkan seperti apa dan bagaimana perilaku consumennya agar dapat disesuaikan dengan strategi yang akan dibuat untuk mendorong penjualan produk

    ReplyDelete
  22. Pasar Konsumen ialah pasar yang menghubungkan penjual dengan konsumen secara langsung, dimana konsumen adalah sasaran akhir yang membeli atau mendapatkan barang maupun jasa untuk dikonsumsi secara pribadi.

    Pasar konsumen penting untuk dipahami karena menjadi sarana atau tempat yang mempertemukan penjual yang ingin menjual barang dan jasanya, dan pembeli yang ingin mengeluarkan uang untuk membeli barang atau jasa, terjadilah sebuah transasksi jual-beli dalam pasar konsumen tersebut. Dengan memahami pasar konsumen, maka pelaku bisnis dapat lebih bisa mengerti dan memahami perilaku konsumen.

    ReplyDelete
  23. 1. pasar konsumen yaitu B2C bisnis to customer. merupakan sekelompok yang melakukan pembelian suatu barang untuk dikonsumsikan pribadi.

    2. karena saat menjalankan bisnis sangat penting bagi wirausaha untuk memahi pasar konsumen agar dapat menemukan kesuksesan untuk produknya saat ini dan peluncuran produk baru. Setiap konsumen memiliki proses berpikir dan sikap yang berbeda dalam membeli produk tertentu.

    ReplyDelete
  24. Pasar Konsumen adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk konsumsi pribadi.

    Memahami pasar konsumen sangat penting bagi bisnis untuk menemukan kesuksesan untuk produknya saat ini serta peluncuran produk baru. Setiap konsumen memiliki proses berpikir dan sikap yang berbeda dalam membeli produk tertentu.

    Jika perusahaan gagal memahami pasar konsumen terhadap suatu produk, ada kemungkinan besar produk akan gagal dijual di pasaran. Karena perubahan mode, teknologi, tren, gaya hidup, pendapatan faktor serupa lainnya, perilaku konsumen juga berubah.

    ReplyDelete
  25. pasar konsumen adalah semua individu yang membeli atau mmendapatkan barang atau jasa untuk konsumsi pribadi
    Memahami pasar konsumen sangat penting bagi bisnis untuk menemukan kesuksesan produk yang saat ini berjalan serta menemukan strategi untuk peluncuran produk baru demi kesuksesan berjalannya produk

    ReplyDelete
  26. jaknis sri denpasari
    1120210204
    1).Pasar konsumen adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang dan jasa untuk konsumsi pribadi. Pasar konsumen ini merupakan target calon konsumen yang akan kamu targetkan dalam memasarkan produk yang akan dijual.

    2).Memahami perilaku konsumen (consumer behavior) tentunya merupakan hal krusial bagi perusahaan manapun sebelum menjual atau menawarkan suatu produk. Jika suatu perusahaan gagal dalam menganalisis bagaimana pelanggan akan merespons produk tertentu, perusahaan ini pasti akan menghadapi kerugian.

    Perilaku konsumen atau consumer behavior ini juga sangat kompleks karena setiap konsumen memiliki pikiran dan sikap yang berbeda terhadap pembelian dan konsumsi suatu produk. Jadi, jika perusahaan kamu bisa memahami teori dan konsep consumer behavior dengan baik, hal ini dapat membantu memasarkan produk atau layanan kamu dengan sukses loh. Selain itu, mempelajari consumer behavior juga akan membantu dalam berbagai aspek.

    ReplyDelete
  27. Nama : Silvia Noer Komarudin
    Npm : 1121210193

    1. Apa yang dimaksud Pasar Konsumen
    Jawab : Pasar Konsumen adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang dan jasa untuk keperluan konsumsi pribadi.

    2. Mengapa perlu memahami Pasar konsumen?
    Jawab : karena dapat membantu perusahaan atau pemasar mencari tahu hal apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen.

    Upaya mencari tahu, mengenal, memahami, dan mempelajari pasar konsumen merupakan pengetahuan dasar yang sangat penting dalam dunia pemasaran.

    Maka dari itu, perusahaan atau pihak pemasar harus berusaha mempelajari bagaimana perilaku atau sikap konsumen ketika mencari produk.

    ReplyDelete
  28. Kukuh Budi Satrio (1120210189)

    1. pasar konsumen adalah kelompok individu/orang yang membeli dan mengonsumsi barang atau jasa untuk kebutuhan atau kepentingan pribadi

    2. pasar konsumen perlu dipahami supaya dapat mengetahui perilaku konsumen serta apa saja kebutuhan konsumen sehingga dapat dijadikan strategi bagi pelaku bisnis untuk menjual produknya baik itu barang maupun jasa.

    ReplyDelete
  29. 1. pasar konsumen sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsikan,bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut.Yang termasuk kelompok ini adalah pembeli individual/pembeli rumah tangga

    2. karena sangat penting bagi bisnis untuk menemukan kesuksesaan untuk saat ini memiliki berpikir dan sikap yang berbeda dalam membeli produk.

    ReplyDelete
  30. 1. Pasar Konsumen adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk konsumsi pribadi.
    2.Karena dengan kita memahami pasar konsumen kita secara tidak langsung juga mengetahui apa yang kita butuhkan untuk diri kita dan keluarga kita , baik berupa barang atau jasa

    ReplyDelete
  31. Pasar Konsumen adalah semua individu dan rumah tangga yangmembeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk konsumsi pribadi.

    Dengan memahami pasar konsumen sangat membantu untuk memahami bagaimana keputusan pembelian dibuat dan bagaimana mereka mencari suatu produk. Selain itu, pemahaman perilaku ini membantu pemasar untuk mengetahui apa, di mana, kapan, bagaimana dan mengapa konsumsi konsumsi produk.

    ReplyDelete