1. Mengumpulkan informasi dan mencari peluang pemasaran merupakan suatu dasar dalam kegiatan dasar pemasaran. Perusahaan harus memulai usahanya dalam mencari berbagai peluang dan memonitor ancaman-ancamannya. Untuk mencari peluang pun merupakan tanggungjawab utama untuk mengidentifikasi perubahan besar yang terjadi dalam pasar ada pemasar perusahaan/ marketing company. Dalam situasi global yang berubah cepat, para pemasar harus memantau enam kekuatan lingkungan utama, yakni demografi, alam, ekonomi, teknologi, politik-hukum, dan sosial budaya. Para pemasar harus mengamati segala yang terjadi di dunia, terutama menyangkut enam kekuatan tersebut. Karena tidak dapat dipungkiri enam kekuatan tersebut banyak mempengaruhi kelangsungan bisnis dan pemasaran suatu perusahaan.
2. Pertanyaan di atas cukup sering ditanyakan karena bagi sebagian orang, untuk perusahaan yang sudah kuat secara branding dan penjualan, tidak perlu lagi melakukan riset pemasaran. Padahal ada beberapa alasan kuat dan mendasar yang tentunya membuat semua perusahaan perlu melakukan riset pemasaran, seperti : -Untuk meningkatkan penjualan -Membuat strategi pemasaran yang matang dan kompetitor -Dapat mengidentifikasi/melihat masalah -Mampu mengidentifikasi pasar
1. Setiap perusahaan harus mengorganisasi dan menyebarkan arus informasi pemasaran yangberkesinambungan kepada para manajer pemasarannya. keputusan pemasaran.Sistem informasi pemasaran harus menjadi titik persilangan antara apa yang dianggap perluoleh para manajer, apa yang sesungguhnya diperlukan oleh para manajer dan apa yang dianggap layak secara ekonomis. Sistem informasi pemasaran yang direncanakan dengan matang akan terdiri dari beberapa elemen. Elemen pertama ialah sistem database internal yang menyediakan data terakhir mengenai penjualan, biaya, persediaan, arus kas dan hutang-piutang serta data dari bagian riset dan pengembangan. Selama ini, sudah banyak perusahaan yang mengembangkan sistem pelaporan intern yang mapan dengan dukungan komputer, sehingga informasi yang lebih cepat dan lebih terpadu bisa diperoleh.
2.Pentingnya riset pemasaran bagi perusahaan dengan tujuan dijalankannya marketing research (riset pemasaran) yaitu untuk mengetahui dan melakukan analisa hal yang dibutuhkan atau diperlukan oleh pasar (masyarakat) dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis.Riset pasar berfokus pada pasar yang telah ditentukan secara spesifik. Sementara itu, riset pemasaran memiliki arti yang lebih luas. Riset pemasaran tidak hanya terpaku pada aspek pasar atau produk, namun juga mencangkup hal-hal di luar itu.
Karena informasi dan peluang adalah hal yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan agar perusahaan tersebut dapat berkembang kearah yang lebih maju lagi, tanpa informasi yang benar perusahaan bisa saja salah dalam mengambil atau memutuskan sesuatu hal, dan tanpa peluang yang pas bisa saja barang atau jasa yang di pasarkan menjadi kurang laris penjualan nya. Karena dalam mengembangkan atau pun memasarkan sebuah produk kita harus mengetahui peluang pasar, target pasar, dll hal ini di karenakan agar pengembangan atau pun pemasaran yang kita lakukan dapat tepat sasaran. Dan segala keputusan yang akan diputuskan harus lah terlebih dahulu melihat hasil riset, sehingga ketika ada nya kekurangan dalam barang tersebut barang itu dapat kembali di modifikasi sesuai dengan keinginan pasar nya.
1.Mengumpulkan informasi adalah tahap ketiga dari tahapan pembelajaran berpusat pada siswa dengan pendekatan saintifik yang terdiri dari mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengomunikasikan . Mengumpulkan informasi melatih siswa mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat (Permendikbud No. 81a Th. 2013). eluang pemasaran merujuk pada area kebutuhan dan minat konsumen yang berpeluang besar untuk digarap secara menguntungkan oleh perusahaan melalui penawarannya. Tugas pemasaran pada intinya adalah menemukan, mengembangkan, dan mengambil untung dari peluang ini. 2. Berikut adalah 6 alasan mengapa riset pemasaran penting 1. Mengidentifikasi Masalah dan Peluang di Pasar 2. Menyusun Strategi Pasar yang Matang 3. Meningkatkan Penjualan 4. Memperkirakan Penjualan 5. Merevitalisasi Brand 6. Memudahkan Pengenalan Produk Baru
Kerena perusahaan harus memulai usahanya dalam mencari berbagai peluang serta ancaman yang akan terjadi kedepannya dan unutk mengamati pertumbuhan dari populasi lokal sampai mendunia.
Riset pemasaran dilakukan karena sangat penting bagi perushaan dengan dijalankannya riset tersebut maka perushaan akan mengetahui hal apa saja yang akan di analisa untuk kebutuhan oleh pasar dan juga untuk mengetahui bagaimana perkembangan pesaing bisnis lainnya, sehingga jika perusahaan bisa mencari strategi dalam segi persaingan.
1. Karena informasi pemasaran merupakan elemen kritis dalam pemasaran yang efektif. Hal ini disebabkan kecenderungan yang semakin meningkat dari pemasaran lokal ke skala nasional dan bahkan ke skala internasional. Semakin banyak informasi yang kita miliki maka semakin besar peluang yang kita punya untuk bersaing di market.
2. Riset pemasaran diperlukan karena dengan itu kita bisa mengumpulkan banyak informasi sehingga kita dapat : - Membuat keputusan yang tepat - Mendapatkan peluang bisnis baru - Menghindari kegagalan usaha - Memanfaatkan peluang investor - Mengevaluasi produk
1. Karena untuk menaikkan value dan mencapai tujuan dari sebuah produk itu sendiri. Apabila pemasaran tidak sesuai target, maka barang/jasa akan sulit terjual. Misalnya, Pengusaha gamis melakukan pemasaran barangnya di Bali saat menjelang Nyepi. Tentu, hal ini tidak efektif.
2. riset pemasaran dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis barang/jasa apa yang sedang dibutuhkan pasar pada waktu tertentu agar tujuan dari pemasaran kita tercapai.
1. Dengan kita mengumpulkan informasi dan mencari peluang pemasaran akan mengetahui informasi apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan oleh target market yang kita miliki dan juga untuk mengetahui berapa besarnya peluang yang tersedia dalam memasarkan produk yang kita miliki.
2. Dengan melakukan riset pemasaran dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen juga menciptakan brand image yang kuat dan memudahkan kita dalam memperkenalkan produk baru kepada konsumen dan membentuk strategi pemasaran yang lebih matang lagi untum kedepannya.
Rifky Adilla_1121210078 Mengapa perlu mengumpulkan informasi dan mencari peluang pemasaran? Karena, informasi sendiri merupakan elemen kritis dalam pemasaran yang efektif. Karena, disebabkan oleh kebutuhan dan keinginan konsumen yang berganti-ganti, sisi persaingan harga, faktor lingkungan dan lain sebagainya. Jadi, memang sudah seharusnya Perusahaan memiliki sistem informasi pemasaran untuk berhubungan dengan dunia luar. Dengan perusahaan meraih informasi lebih banyak lagi maka, peluang pun akan semakin besar. Dengan mengumpulkan informasi ini ada elemen-elemen yang perlu diperhatikan agar rencana tersebut matang. Yang pertama yakni dengan menyediakan data terakhir mengenai penjualan, persediaan, biaya dll dengan dukungan computer dan akan dapat menghasilkan ide pokok yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, yang kedua yakni dengan membeli data dari sumber-sumber professional. Sebenarnya ada contoh terkait data-data dari perusahaan lain tetapi tidak membeli data melainkan berkolaborasi. Yakni GoTo, dimana gojek dapat mengetahui apa yang sering pelanggan order di Tokopedia juga pun sebaliknya. Dengan begitu, keduanya saling menguntungkan. Ketiga, melakukan riset pasar untuk mengumpulkan informasi. Dengan melakukan riset pasar maka, akan banyak sekali infromasi” yang didapatkan, yang terakhir yakni, sistem database eksternal yang berisi informasi” yang dapat digunakan dalam membuat keputusan dalam pemasaran. Database eksternal ini misalnya database dari perusahaan lain yang menawarkan data pelanggan.
Mengapa perlu melakukan riset pasar? Riset pasar sendiri berkaitan dengan Infromasi pemasaran jadi, riset pasar ini sangatlah penting untuk mengetahui berbagai informasi untuk menemukan segala peluang seperti mengetahui target pasar yang akan dituju, produk apa saja yang banyak dibutuhkan saat ini, dll. Dan riset pasar sendiri memang penting bagi suatu bisnis yang sedang dijalankan agar perusahaan ini dapat berkembang dan maju juga, selalu mengevaluasi dari riset-riset sebelumnya apa saja yang perlu dievaluasi dan ditingkatkan lagi untuk memajukan suatu bisnis yang sedang dijalankan.
1. perusahaan perlu mengumpulkan informasi untuk menganalisis perencanaan yang akan dilakukan. perusahaan juga harus mencari peluang pasar agar dapat mengetahui perkembangan minat dan daya beli konsumen
2. riset pemasaran dibutuhkan untuk untuk mengetahui dan melakukan analisa hal yang dibutuhkan atau diperlukan oleh pasar (masyarakat) dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis
Mengumpulkan informasi dan mencari peluang pemasaran sangat perlu karena dengan dilakukan hal tersebut kita dapat memutuskan kebijakan apa yang akan kita ambil dalam memajukan perusahaan.
Riset pemasaran sangat pelu untuk dilakukan karena untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan okeh masyarakat serta untuk mengetahui siapa saja kompetitor kita.
1. Karena mengumpulkan informasi dan mencari peluang merupakan sebuah strategi yang tidak boleh dilewatkan dalam kegiatan pemasaran. Sebuah peluang yang ditemukan juga muncul dan berawal dari adanya informasi, oleh karena itu suatu perusahaan tidak akan bisa mengenal lingkungan luar jika tidak bisa memperoleh informasi dari lingkungan tersebut, sebagai contoh informasi tentang keadaan ekonomi, tren, dan kemajuan teknologi yang menjadi faktor yang sangat berpengaruh kepada kelangsungan suatu perusahaan. 2. Melakukan riset penting untuk menganalisis dan mengolah kumpulan data yang telah diperoleh perusahaan dalam bentuk informasi yang kemudian hasil dari observasi tersebut berguna untuk sebuah pengambilan keputusan perusahaan nanti. Sebuah riset harus bisa menjadi memastikan bahwa perusahaan dapat mencapai tujuan tertentu seperti penjualan, laba, dan tujuan lain yang ditetapkan.
1.Karena informasi dan peluang adalah hal yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan agar perusahaan tersebut dapat berkembang kearah yang lebih maju lagi, tanpa informasi yang benar perusahaan bisa saja salah dalam mengambil atau memutuskan sesuatu hal, dan tanpa peluang yang pas bisa saja barang atau jasa yang di pasarkan menjadi kurang laris penjualan nya.
2. Pentingnya riset pemasaran bagi perusahaan dengan tujuan dijalankannya marketing research (riset pemasaran) yaitu untuk mengetahui dan melakukan analisa hal yang dibutuhkan atau diperlukan oleh pasar (masyarakat) dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis.
1. MENGAPA PERLU MENGUMPULKAN INFORMASI DAN MENCARI PELUANG PEMASARAN? Agar perushaan bisa memecahkan masalah pemasaran yang hadir dari suatu perusahaan dan bisa mengambil kebijakan strategis dalam ruang lingkup pemasaran. Sistem informasi pemasaran adalah suatu sistem yang didesain untuk bisa mengolah suatu informasi untuk membantu kegiatan pemasaran dan juga aktivitas penjualan pada suatu perusahaan. Siklus yang terdapat dalam sistem informasi pemasaran ini juga harus terus dibangun agar nantinya terbentuk suatu pola yang mampu memudahkan pihak manajemen dalam hal mengontrol dan juga mengevaluasi sistem di dalamnya.
2. MENGAPA PERLU MELAKUKAN RISET PEMASARAN ? Pentingnya riset pemasaran bagi perusahaan dengan tujuan untuk mengetahui dan melakukan analisa hal yang dibutuhkan atau diperlukan oleh pasar (masyarakat) dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis. Dengan dilakukannya marketing research maka akan bisa mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan, dimana produk atau jasa itu diperlukan dan kualitas produk seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Selain itu juga untuk dapat tahu seberapa besar permintaan dan potensi permintaan, kapan permintaan tersebut memuncak dan kapan permintaan tersebut menurun.
1. Mengumpulkan informasi dan mencari peluang pemasaran sangat perlu karena memiliki peran menilai kebutuhan informasi yang dibutuhkan dan mendistribusikan informasi tersebut secara tepat waktu. Banyak peluang yang ditemukan dengan mengidentifikasi tren dan megatren. Dalam situasi global yang perubahannya berubah dengan sangat cepat, maka para pemasar harus memantau 6 kekuatan lingkungan utama yaitu demografi, ekonomi, alam, teknologi, politik-hukum, dan sosial budaya.
2. Karena jika perusahaan tidak melakukan riset maka pemasaran tersebut tumpul serta dengan riset pemasaran, kita bisa mendapatkan sejumlah data atau informasi yang akan membantu perusahaan untuk menentukan strategi bisnis ke depan. Dengan melakukan riset pemasaran bagi perusahaan juga dapat mengidentifikasi pasar, dan meningkatkan penjualan.
ananda berliana putri_1120210248 1. karena informasi pemasaran merupakan elemen kritis dalam pemasaran yang efektif. Hal ini disebabkan kecenderungan yang semakin meningkat dari pemasaran lokal ke skala nasional dan bahkan ke skala internasional,juga disebabkan oleh transisi dari kebutuhan pembeli ke keinginan pembeli dan transisi dari persaingan harga ke persaingan non harga. Semua perusahaan memiliki sistem informasi pemasaran yang menghubungkan dunia luar dengan para eksekutif di dalam perusahaan
2. pentingnya riset pemasaran bagi perusahaan dengan tujuan dijalankannya untuk mengetahui dan melakukan analisa hal yang dibutuhkan atau diperlukan oleh pasar (masyarakat) dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis
1. perlunya mencari informasi dan peluang pemasaran adalah, agar perusahaan dapat mengetahui situasi pasar dan merencanakan peluang atas keberhasilan di pasar, serta untuk mengetahui pesaing dalam pasar tersebut. perusahaan harus melakukan hal ini agar produk yang mereka pasarkan dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan apapun baik itu dari pihak pesaing ataupun hal lainnya.
2.perlunya melakukan riset pasar adalah, untuk menentukan peluang dan target penjualan di pasar.
1. Karena para pemasar harus mengamati dan menganalisis pertumbuhan populasi dunia, perubahan, peluang, kendala dll sebab itu dibutuhkan informasi sebanyak-banyaknya untuk memudahkan proses tersebut. mencari peluang pemasaran harus dilakukan agar bisa mencapai target perusahaan, dibantu dari informasi informasi yg terkumpul. Dan perusahan perlu mengetahui peluang pasar dalam pemasaran produk agar dapat menghasilkan laba
2. Pentingnya riset pemasaran adalah untuk mengetahui apa saja hal yang dibutuhkan oleh masyarakat dan juga untuk menghetahui pesaing bisnis. Riset pasar juga sangat berguna untuk menghasilkan semua data informasi yang diperlukan dalam menyusun strategi pemasaran penjualan secara menyeluruh
1. karena mengumpulkan informasi dan mencari peluang dalam pemasaran sangat penting untuk perkembangan suatu perusahaan agar meningkatkan kualitas perusahaan tersebut dan dapat berkembang lebih maju dan baik lagi mengikuti lingkungan atau keadaan disekitar. suatu perusahaan harus pandai melihat peluang usaha yang ada karena peluang sebagai suatu kesempatan yang dimiliki untuk mencapai tujuan bisnis dan memungkinkan untuk mendapat keuntungan berupa profit yang tinggi.
2. Pentingnya riset pemasaran bagi perusahaan dengan tujuan dijalankannya marketing research (riset pemasaran) yaitu untuk mengetahui dan melakukan analisa hal yang dibutuhkan atau diperlukan oleh pasar (masyarakat) dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis. Riset pemasaran akan membantu mengidentifikasi peluang pasar baru untuk produk yang sudah ada maupun produk baru. Riset ini akan memberikan Anda informasi tentang pangsa pasar, sifat persaingan, tingkat kepuasan pelanggan, kinerja penjualan, dan saluran distribusi
1.supaya suatu perusahaan dapat berinvovasi dengan tepat sesuai dengan trend yang ada pada pasar atau sesuai dengan kebutuhan pasar maka di butuhkannya pengumpulan informasi dan mencari peluang pemasaran. 2. karna suatu perusahaan ingin mengetahui dan melakukan analisa hal yang di butuhkan atau di perlukan oleh pasar dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis
1. MENGAPA PERLU MENGUMPULKAN INFORMASI DAN MENCARI PELUANG PEMASARAN Jawab : Karena fungsi sistem informasi pemasaran adalah memberikan sebuah informasi bagi para manajer pemasaran dan mendistribusikan informasi tersebut kepada orang yang tepat dan dalam waktu yang tepat.Tujuan sistem informasi pemasaran adalah agar para manajer / direktur pemasaran tersebut lebih mampu dalam melakukan analisa, perencanaan, implementasi, pengendalian dan evaluasi atas keputusan dan strategi pemasaran yang mereka susun.Di mana data dan informasi tersebut bersumber dari kondisi internal perusahaan, lingkungan pemasaran, segmen dan target pasar, data kompetitor dan kekuatan lingkungan makro yang mempengaruhi kondisi perusahaan. Lalu mencari peluang pemasaran Dengan melakukan analisa yang baik dan tepat, Anda akan lebih bisa memahami keadaan pasar yang sesungguhnya sehingga strategi yang dilakukan untuk memasarkan produk bisnis yang Anda miliki akan berjalan dengan baik, sehingga keuntungan bisnis yang kita buat akan meningkat dan dapat memunculkan ide-ide baru yang bisa menjadikan bisnisKita lebih baik.
2.MENGAPA PERLU MELAKUKAN RISET PEMASARAN ? Jawab : 1.Untuk Meningkatkan Penjualan 2.Membuat Strategi Pemasaran yang Matang 3.Bisa Melihat Masalah 4.Mampu Mengidentifikasi Pasar
1. Mengapa perlu mengumpulkan informasi dan mencari peluang pemasaran? karena dengan mengetahui peluang usaha wirausahawan tentunya jadi tau akan kesempatan besar kecilnya mendapatkan keuntungan, dan juga banyak peluang yang ditemukan dengan mengindentifikasi tren (arah urutan kejadian yang memiliki momentum dan kelangsungan bertahan) serta megatren (perubahan besar di bidang sossial, politik, ekonomi dan teknologi yang memiliki dampak berkepanjangan.
2. Mengapa perlu melakukan riset pemasaran? tujuan riset pasar secara umum adalah untuk mengetahui dan menganalisis target pasar yang akan dilakukan pemasaran. Disamping itu, riset pasar memiliki tujuan seperti memperoleh informasi dan data-data berkaitan dengan potensi konsumen, persaingan, daya tarik dan tingkat strategis tempat pemasaran dan hal itu berguna untuk membaca peluang usaha yang baik untuk menunjang produksinya, juga untuk mempermudah mengevaluasi kinerja yang selama ini dipergunakan.
Banyak peluang yang ditemukan dengan mencari informasi sehingga dapat mengikuti tren (arah urutan kejadian yang memiliki momentum dan kelangsungan bertahan) serta megatren (perubahan besar di bidang sospol, ekonomi dan teknologi yang memiliki dampak berkepanjangan). Sehingga produk yang dikeluarkan bisa selalu up to date dan sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan begitu kegiatan pemasaran yang dilakukan bisa tepat sasaran sehingga hasilnya pun lebih memuaskan.
Dilakukan riset pasar agar perusahaan tahu produk dan layanan seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan dan dicari oleh target pasar. Selain itu riset pasar juga akan sangat berguna untuk menentukan apakah perusahaan harus meluncurkan produk baru atau justru memperluas produk dan layanan yang sudah ada.
mengapa perlu mengumpulkan informasi dan mencari peluang pemasaran? karena akan memudahkan kita memulai dan menjalankannya. dengan memberikan informasi tentang situasi perdagangan yang berhubungan dengan produk, harga yg diinginkan konsumen dan situasi pasar seperti apa. supaya untuk penguasaha pemula agar tidak mengalami masalah dalam memulai dan menjalankan usahanya
mengapa perlu melakukan riset pemasaran? riset pemasaran akan membantu mengidentifikasi peluang pasar baru untuk produk yang sudah ada maupun produk baru. riset ini akan memberikan informasi tentang pangsa pasar, sifat persaingan, tingkat kepuasan pelanggan, kinerja penjualan. Informasi ini juga dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang dimiliki perusahaan
1.Karena dengan kita mengumpulkan informasi ini termasuk kegiatan pembelajaran yang berupa eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek,kejadian,aktivitas, dan wawancara dengan narasumber. Dan mencari peluang pemasaran karena situasi utama yang menguntungkan dalam lingkungan suatu perusahaan, salah satunya adalah tren usaha.
2. Riset pasar bisa membantu untuk menghasilkan informasi tentang besarnya pasar potensial suatu produk atau jasa sesuai target pasar. Informasi ini nantinya sangat berguna untuk menentukan target penjualan dan pencapaian market share di pasar serta dapat memahami perilaku pelanggan sesuai target pasar dengan baik. Dengan mengetahui perilaku pelanggan ini, maka memudahkan perusahaan dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih baik dan efektif.
Arika Ayu Lestari 1120210253 1. karena informasi pemasaran sangat penting membantu mempercepat informasi ketika ada kesalahan ataupun kekeliruan pada data. Mempermudah manajemen waktu dalam hal menjalankan kegiatan perusahaan, terutama dalam hal pemasaran.
2. Pentingnya riset pemasaran bagi perusahaan dengan tujuan dijalankannya marketing research (riset pemasaran) yaitu untuk mengetahui dan melakukan analisa hal yang dibutuhkan atau diperlukan oleh pasar (masyarakat) dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis.
1.Mengumpulkan informasi dan mencari peluang pemasaran untuk kegiatan peseorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan distribusian promosi dan penentuan harga barang jasa dan gagasan
2.Riset Pemasaran itu untuk meningkatkan penjualan,membuat strategi pemasaran yang matang bisa melihat masalah dalam mampu mengindentifikasi pasar.
Nova Vemilya Maharani_1120210201 1. karena informasi sangat dibutuhkan untuk menggali peluang usaha, menyusun konsep usaha yang tepat, dan menciptakan nilai tambah yang menguntungkan. 2.Riset pemasaran sangatlah penting bagi sebuah perusahaan. Dengan melakukan riset pemasaran setidaknya perusahaan telah memiliki gambaran mengenai dunia pemasaran beserta dengan kelebihan dan keuntungan. Tanpa bekal data dan informasi yang didapatkan dari riset pemasaran ini, perusahaan tidak akan bisa menetapkan strategi pemasaran yang tepat.
Karena tanpa melakukan riset pemasaran, pihak perusahaan tidak memiliki kemampuan dan keterampilan yang memumpuni untuk hal tersebut. Atau bisa dibilang, pihak perusahaan akan cenderung menetapkan suatu kebijakan pemasaran yang sebagian besar digunakan oleh perusahaan lainnya.
1.Karena informasi pemasaran merupakan elemen kritis dalam pemasaran yang efektif. Hal ini disebabkan kecenderungan yang semakin meningkat dari pemasaran lokal ke skala nasional dan bahkan ke skala internasional. dan semakin banyak informasi yang kita punya semakin besar juga peluang untuk bersaing di market
2. untuk Meningkatkan Penjualan -Membuat strategi pemasaran yang matang -bisa melihat masalah dengan detail pada bisnis anda.
1. dalam pemasaran kita perlu mengumpulkan informasi karena informasi merupakan sarana bagi perusahaan untuk mengetahui segala hal yang berguna untuk mengembangkan perusahaan. serta dalam pemasaran perlu mencari peluang karena peluang merupakan kesempatan bagi perusahaan dalam melakukan berbagai hal yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas, profit, dll.
2. riset pemasaran perlu dilakukan perusahaan supaya perusahaan dapat berjalan dengan sistematis serta relevan dengan berbagai macam situasi pemasaran.
1.) Mengapa Perlu Mengumpulkan Informasi Dan Mencari Peluang Pemasaran, Sistem informasi pemasaran memiliki peran penting bagi masa depan perusahaan. Ketika menerapkan sistem informasi pemasaran, perusahaan dapat memproses informasi yang tersedia, mempermudah manajemen waktu, mampu bergerak lebih sigap ketika terdapat kekeliruan data, dan dapat mengontrol perkembangan bisnis.
2.) Mengapa perlu melakukan riset pemasaran? a. Mengetahui Kebutuhan Pelanggan b. Memutuskan Rencana Pemasaran Selanjutnya c. Mengurangi Risiko dalam Penjualan
nama: jaknis sri denpasari npm :1120210204 1).karena pengumpulan informasi dan mencari peluang dalam pemasaran sangat penting untuk perkembangan suatu perusahaan agar meningkatkan kualitas perusahaan tersebut dan dapat berkembang lebih maju dan baik lagi mengikuti lingkungan atau keadaan disekitar. dan harus bisa mencari peluang usaha sbagai guna untuk berinovasi 2).Karena riset pemasaran erat kaitannya dengan pengelolaan manajemen pemasaran sebuah bisnis. Sebelum melakukan berbagai aktivitas pemasaran, pelaku bisnis wajib melakukan berbagai penelitian atau riset yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan barangnya, baik dari segi penjualan, pemasaran, branding, dan kepuasan konsumen dan Selain digunakan untuk meneliti kondisi penjualan barang/jasa, riset pemasaran juga memiliki tujuan-tujuan lain yang bermanfaat bagi proses pemasaran usahamu.
Tujuan riset pemasaran:
Memanfaatkan celah pasar Mengetahui kekurangan dan kelebihan barang/jasa Mendapatkan informasi dan penilaian langsung dari konsumen Menentukan sistem penjualan yang tepat Mengetahui keberhasilan proses branding Menentukan strategi pemasaran
1. Mengumpulkan informasi dan mencari peluang pemasaran merupakan suatu dasar dalam kegiatan dasar pemasaran. Perusahaan harus memulai usahanya dalam mencari berbagai peluang dan memonitor ancaman-ancamannya. Untuk mencari peluang pun merupakan tanggungjawab utama untuk mengidentifikasi perubahan besar yang terjadi dalam pasar ada pemasar perusahaan/ marketing company. Dalam situasi global yang berubah cepat, para pemasar harus memantau enam kekuatan lingkungan utama, yakni demografi, alam, ekonomi, teknologi, politik-hukum, dan sosial budaya. Para pemasar harus mengamati segala yang terjadi di dunia, terutama menyangkut enam kekuatan tersebut. Karena tidak dapat dipungkiri enam kekuatan tersebut banyak mempengaruhi kelangsungan bisnis dan pemasaran suatu perusahaan.
ReplyDelete2. Pertanyaan di atas cukup sering ditanyakan karena bagi sebagian orang, untuk perusahaan yang sudah kuat secara branding dan penjualan, tidak perlu lagi melakukan riset pemasaran. Padahal ada beberapa alasan kuat dan mendasar yang tentunya membuat semua perusahaan perlu melakukan riset pemasaran, seperti :
-Untuk meningkatkan penjualan
-Membuat strategi pemasaran yang matang dan kompetitor
-Dapat mengidentifikasi/melihat masalah
-Mampu mengidentifikasi pasar
NAMA: NUR ANISA AMANIA
DeleteNIM: 1120210205
1. Setiap perusahaan harus mengorganisasi dan menyebarkan arus informasi pemasaran yangberkesinambungan kepada para manajer pemasarannya. keputusan pemasaran.Sistem informasi pemasaran harus menjadi titik persilangan antara apa yang dianggap perluoleh para manajer, apa yang sesungguhnya diperlukan oleh para manajer dan apa yang dianggap layak secara ekonomis. Sistem informasi pemasaran yang direncanakan dengan matang akan terdiri dari beberapa elemen. Elemen pertama ialah sistem database internal yang menyediakan data terakhir mengenai penjualan, biaya, persediaan, arus kas dan hutang-piutang serta data dari bagian riset dan pengembangan. Selama ini, sudah banyak perusahaan yang mengembangkan sistem pelaporan intern yang mapan dengan dukungan komputer, sehingga informasi yang lebih cepat dan lebih terpadu bisa diperoleh.
2.Pentingnya riset pemasaran bagi perusahaan dengan tujuan dijalankannya marketing research (riset pemasaran) yaitu untuk mengetahui dan melakukan analisa hal yang dibutuhkan atau diperlukan oleh pasar (masyarakat) dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis.Riset pasar berfokus pada pasar yang telah ditentukan secara spesifik. Sementara itu, riset pemasaran memiliki arti yang lebih luas. Riset pemasaran tidak hanya terpaku pada aspek pasar atau produk, namun juga mencangkup hal-hal di luar itu.
Karena informasi dan peluang adalah hal yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan agar perusahaan tersebut dapat berkembang kearah yang lebih maju lagi, tanpa informasi yang benar perusahaan bisa saja salah dalam mengambil atau memutuskan sesuatu hal, dan tanpa peluang yang pas bisa saja barang atau jasa yang di pasarkan menjadi kurang laris penjualan nya.
ReplyDeleteKarena dalam mengembangkan atau pun memasarkan sebuah produk kita harus mengetahui peluang pasar, target pasar, dll hal ini di karenakan agar pengembangan atau pun pemasaran yang kita lakukan dapat tepat sasaran. Dan segala keputusan yang akan diputuskan harus lah terlebih dahulu melihat hasil riset, sehingga ketika ada nya kekurangan dalam barang tersebut barang itu dapat kembali di modifikasi sesuai dengan keinginan pasar nya.
1.Mengumpulkan informasi adalah tahap ketiga dari tahapan pembelajaran berpusat pada siswa dengan pendekatan saintifik yang terdiri dari mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengomunikasikan . Mengumpulkan informasi melatih siswa mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat (Permendikbud No. 81a Th. 2013).
ReplyDeleteeluang pemasaran merujuk pada area kebutuhan dan minat konsumen yang berpeluang besar untuk digarap secara menguntungkan oleh perusahaan melalui penawarannya. Tugas pemasaran pada intinya adalah menemukan, mengembangkan, dan mengambil untung dari peluang ini.
2. Berikut adalah 6 alasan mengapa riset pemasaran penting
1. Mengidentifikasi Masalah dan Peluang di Pasar
2. Menyusun Strategi Pasar yang Matang
3. Meningkatkan Penjualan
4. Memperkirakan Penjualan
5. Merevitalisasi Brand
6. Memudahkan Pengenalan Produk Baru
Kerena perusahaan harus memulai usahanya dalam mencari berbagai peluang serta ancaman yang akan terjadi kedepannya dan unutk mengamati pertumbuhan dari populasi lokal sampai mendunia.
ReplyDeleteRiset pemasaran dilakukan karena sangat penting bagi perushaan dengan dijalankannya riset tersebut maka perushaan akan mengetahui hal apa saja yang akan di analisa untuk kebutuhan oleh pasar dan juga untuk mengetahui bagaimana perkembangan pesaing bisnis lainnya, sehingga jika perusahaan bisa mencari strategi dalam segi persaingan.
1. Karena informasi pemasaran merupakan elemen kritis dalam pemasaran yang efektif. Hal ini disebabkan kecenderungan yang semakin meningkat dari pemasaran lokal ke skala nasional dan bahkan ke skala internasional. Semakin banyak informasi yang kita miliki maka semakin besar peluang yang kita punya untuk bersaing di market.
ReplyDelete2. Riset pemasaran diperlukan karena dengan itu kita bisa mengumpulkan banyak informasi sehingga kita dapat :
- Membuat keputusan yang tepat
- Mendapatkan peluang bisnis baru
- Menghindari kegagalan usaha
- Memanfaatkan peluang investor
- Mengevaluasi produk
1. Karena untuk menaikkan value dan mencapai tujuan dari sebuah produk itu sendiri. Apabila pemasaran tidak sesuai target, maka barang/jasa akan sulit terjual. Misalnya, Pengusaha gamis melakukan pemasaran barangnya di Bali saat menjelang Nyepi. Tentu, hal ini tidak efektif.
ReplyDelete2. riset pemasaran dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis barang/jasa apa yang sedang dibutuhkan pasar pada waktu tertentu agar tujuan dari pemasaran kita tercapai.
Muhammad Rizki Istiawan - 1121210055
ReplyDelete1. Dengan kita mengumpulkan informasi dan mencari peluang pemasaran akan mengetahui informasi apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan oleh target market yang kita miliki dan juga untuk mengetahui berapa besarnya peluang yang tersedia dalam memasarkan produk yang kita miliki.
2. Dengan melakukan riset pemasaran dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen juga menciptakan brand image yang kuat dan memudahkan kita dalam memperkenalkan produk baru kepada konsumen dan membentuk strategi pemasaran yang lebih matang lagi untum kedepannya.
Rifky Adilla_1121210078
ReplyDeleteMengapa perlu mengumpulkan informasi dan mencari peluang pemasaran?
Karena, informasi sendiri merupakan elemen kritis dalam pemasaran yang efektif. Karena, disebabkan oleh kebutuhan dan keinginan konsumen yang berganti-ganti, sisi persaingan harga, faktor lingkungan dan lain sebagainya. Jadi, memang sudah seharusnya Perusahaan memiliki sistem informasi pemasaran untuk berhubungan dengan dunia luar. Dengan perusahaan meraih informasi lebih banyak lagi maka, peluang pun akan semakin besar. Dengan mengumpulkan informasi ini ada elemen-elemen yang perlu diperhatikan agar rencana tersebut matang. Yang pertama yakni dengan menyediakan data terakhir mengenai penjualan, persediaan, biaya dll dengan dukungan computer dan akan dapat menghasilkan ide pokok yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, yang kedua yakni dengan membeli data dari sumber-sumber professional. Sebenarnya ada contoh terkait data-data dari perusahaan lain tetapi tidak membeli data melainkan berkolaborasi. Yakni GoTo, dimana gojek dapat mengetahui apa yang sering pelanggan order di Tokopedia juga pun sebaliknya. Dengan begitu, keduanya saling menguntungkan. Ketiga, melakukan riset pasar untuk mengumpulkan informasi. Dengan melakukan riset pasar maka, akan banyak sekali infromasi” yang didapatkan, yang terakhir yakni, sistem database eksternal yang berisi informasi” yang dapat digunakan dalam membuat keputusan dalam pemasaran. Database eksternal ini misalnya database dari perusahaan lain yang menawarkan data pelanggan.
Mengapa perlu melakukan riset pasar?
Riset pasar sendiri berkaitan dengan Infromasi pemasaran jadi, riset pasar ini sangatlah penting untuk mengetahui berbagai informasi untuk menemukan segala peluang seperti mengetahui target pasar yang akan dituju, produk apa saja yang banyak dibutuhkan saat ini, dll. Dan riset pasar sendiri memang penting bagi suatu bisnis yang sedang dijalankan agar perusahaan ini dapat berkembang dan maju juga, selalu mengevaluasi dari riset-riset sebelumnya apa saja yang perlu dievaluasi dan ditingkatkan lagi untuk memajukan suatu bisnis yang sedang dijalankan.
1. perusahaan perlu mengumpulkan informasi untuk menganalisis perencanaan yang akan dilakukan. perusahaan juga harus mencari peluang pasar agar dapat mengetahui perkembangan minat dan daya beli konsumen
ReplyDelete2. riset pemasaran dibutuhkan untuk untuk mengetahui dan melakukan analisa hal yang dibutuhkan atau diperlukan oleh pasar (masyarakat) dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis
Nama : Valina Adzra Salsabila
ReplyDeleteNPM : 1120210265
Mengumpulkan informasi dan mencari peluang pemasaran sangat perlu karena dengan dilakukan hal tersebut kita dapat memutuskan kebijakan apa yang akan kita ambil dalam memajukan perusahaan.
Riset pemasaran sangat pelu untuk dilakukan karena untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan okeh masyarakat serta untuk mengetahui siapa saja kompetitor kita.
1. Karena mengumpulkan informasi dan mencari peluang merupakan sebuah strategi yang tidak boleh dilewatkan dalam kegiatan pemasaran. Sebuah peluang yang ditemukan juga muncul dan berawal dari adanya informasi, oleh karena itu suatu perusahaan tidak akan bisa mengenal lingkungan luar jika tidak bisa memperoleh informasi dari lingkungan tersebut, sebagai contoh informasi tentang keadaan ekonomi, tren, dan kemajuan teknologi yang menjadi faktor yang sangat berpengaruh kepada kelangsungan suatu perusahaan.
ReplyDelete2. Melakukan riset penting untuk menganalisis dan mengolah kumpulan data yang telah diperoleh perusahaan dalam bentuk informasi yang kemudian hasil dari observasi tersebut berguna untuk sebuah pengambilan keputusan perusahaan nanti. Sebuah riset harus bisa menjadi memastikan bahwa perusahaan dapat mencapai tujuan tertentu seperti penjualan, laba, dan tujuan lain yang ditetapkan.
afrizal zulkifli.
ReplyDelete1.Karena informasi dan peluang adalah hal yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan agar perusahaan tersebut dapat berkembang kearah yang lebih maju lagi, tanpa informasi yang benar perusahaan bisa saja salah dalam mengambil atau memutuskan sesuatu hal, dan tanpa peluang yang pas bisa saja barang atau jasa yang di pasarkan menjadi kurang laris penjualan nya.
2. Pentingnya riset pemasaran bagi perusahaan dengan tujuan dijalankannya marketing research (riset pemasaran) yaitu untuk mengetahui dan melakukan analisa hal yang dibutuhkan atau diperlukan oleh pasar (masyarakat) dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis.
1. MENGAPA PERLU MENGUMPULKAN INFORMASI DAN MENCARI PELUANG PEMASARAN?
ReplyDeleteAgar perushaan bisa memecahkan masalah pemasaran yang hadir dari suatu perusahaan dan bisa mengambil kebijakan strategis dalam ruang lingkup pemasaran. Sistem informasi pemasaran adalah suatu sistem yang didesain untuk bisa mengolah suatu informasi untuk membantu kegiatan pemasaran dan juga aktivitas penjualan pada suatu perusahaan. Siklus yang terdapat dalam sistem informasi pemasaran ini juga harus terus dibangun agar nantinya terbentuk suatu pola yang mampu memudahkan pihak manajemen dalam hal mengontrol dan juga mengevaluasi sistem di dalamnya.
2. MENGAPA PERLU MELAKUKAN RISET PEMASARAN ?
Pentingnya riset pemasaran bagi perusahaan dengan tujuan untuk mengetahui dan melakukan analisa hal yang dibutuhkan atau diperlukan oleh pasar (masyarakat) dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis. Dengan dilakukannya marketing research maka akan bisa mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan, dimana produk atau jasa itu diperlukan dan kualitas produk seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Selain itu juga untuk dapat tahu seberapa besar permintaan dan potensi permintaan, kapan permintaan tersebut memuncak dan kapan permintaan tersebut menurun.
Shafira Tri Wahyuni (1120210179)
ReplyDelete1. Mengumpulkan informasi dan mencari peluang pemasaran sangat perlu karena memiliki peran menilai kebutuhan informasi yang dibutuhkan dan mendistribusikan informasi tersebut secara tepat waktu. Banyak peluang yang ditemukan dengan mengidentifikasi tren dan megatren. Dalam situasi global yang perubahannya berubah dengan sangat cepat, maka para pemasar harus memantau 6 kekuatan lingkungan utama yaitu demografi, ekonomi, alam, teknologi, politik-hukum, dan sosial budaya.
2. Karena jika perusahaan tidak melakukan riset maka pemasaran tersebut tumpul serta dengan riset pemasaran, kita bisa mendapatkan sejumlah data atau informasi yang akan membantu perusahaan untuk menentukan strategi bisnis ke depan. Dengan melakukan riset pemasaran bagi perusahaan juga dapat mengidentifikasi pasar, dan meningkatkan penjualan.
ananda berliana putri_1120210248
ReplyDelete1. karena informasi pemasaran merupakan elemen kritis dalam pemasaran yang efektif. Hal ini disebabkan kecenderungan yang semakin meningkat dari pemasaran lokal ke skala nasional dan bahkan ke skala internasional,juga disebabkan oleh transisi dari kebutuhan pembeli ke keinginan pembeli dan transisi dari persaingan harga ke persaingan non harga. Semua perusahaan memiliki sistem informasi pemasaran yang menghubungkan dunia luar dengan para eksekutif di dalam perusahaan
2. pentingnya riset pemasaran bagi perusahaan dengan tujuan dijalankannya untuk mengetahui dan melakukan analisa hal yang dibutuhkan atau diperlukan oleh pasar (masyarakat) dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis
1. perlunya mencari informasi dan peluang pemasaran adalah, agar perusahaan dapat mengetahui situasi pasar dan merencanakan peluang atas keberhasilan di pasar, serta untuk mengetahui pesaing dalam pasar tersebut. perusahaan harus melakukan hal ini agar produk yang mereka pasarkan dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan apapun baik itu dari pihak pesaing ataupun hal lainnya.
ReplyDelete2.perlunya melakukan riset pasar adalah, untuk menentukan peluang dan target penjualan di pasar.
Syifa Malihah Mumtaz
ReplyDelete1120210256
1. Karena para pemasar harus mengamati dan menganalisis pertumbuhan populasi dunia, perubahan, peluang, kendala dll sebab itu dibutuhkan informasi sebanyak-banyaknya untuk memudahkan proses tersebut. mencari peluang pemasaran harus dilakukan agar bisa mencapai target perusahaan, dibantu dari informasi informasi yg terkumpul. Dan perusahan perlu mengetahui peluang pasar dalam pemasaran produk agar dapat menghasilkan laba
2. Pentingnya riset pemasaran adalah untuk mengetahui apa saja hal yang dibutuhkan oleh masyarakat dan juga untuk menghetahui pesaing bisnis. Riset pasar juga sangat berguna untuk menghasilkan semua data informasi yang diperlukan dalam menyusun strategi pemasaran penjualan secara menyeluruh
1. karena mengumpulkan informasi dan mencari peluang dalam pemasaran sangat penting untuk perkembangan suatu perusahaan agar meningkatkan kualitas perusahaan tersebut dan dapat berkembang lebih maju dan baik lagi mengikuti lingkungan atau keadaan disekitar. suatu perusahaan harus pandai melihat peluang usaha yang ada karena peluang sebagai suatu kesempatan yang dimiliki untuk mencapai tujuan bisnis dan memungkinkan untuk mendapat keuntungan berupa profit yang tinggi.
ReplyDelete2. Pentingnya riset pemasaran bagi perusahaan dengan tujuan dijalankannya marketing research (riset pemasaran) yaitu untuk mengetahui dan melakukan analisa hal yang dibutuhkan atau diperlukan oleh pasar (masyarakat) dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis. Riset pemasaran akan membantu mengidentifikasi peluang pasar baru untuk produk yang sudah ada maupun produk baru. Riset ini akan memberikan Anda informasi tentang pangsa pasar, sifat persaingan, tingkat kepuasan pelanggan, kinerja penjualan, dan saluran distribusi
1.supaya suatu perusahaan dapat berinvovasi dengan tepat sesuai dengan trend yang ada pada pasar atau sesuai dengan kebutuhan pasar maka di butuhkannya pengumpulan informasi dan mencari peluang pemasaran.
ReplyDelete2. karna suatu perusahaan ingin mengetahui dan melakukan analisa hal yang di butuhkan atau di perlukan oleh pasar dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis
1. MENGAPA PERLU MENGUMPULKAN INFORMASI DAN MENCARI PELUANG PEMASARAN
ReplyDeleteJawab : Karena fungsi sistem informasi pemasaran adalah memberikan sebuah informasi bagi para manajer pemasaran dan mendistribusikan informasi tersebut kepada orang yang tepat dan dalam waktu yang tepat.Tujuan sistem informasi pemasaran adalah agar para manajer / direktur pemasaran tersebut lebih mampu dalam melakukan analisa, perencanaan, implementasi, pengendalian dan evaluasi atas keputusan dan strategi pemasaran yang mereka susun.Di mana data dan informasi tersebut bersumber dari kondisi internal perusahaan, lingkungan pemasaran, segmen dan target pasar, data kompetitor dan kekuatan lingkungan makro yang mempengaruhi kondisi perusahaan.
Lalu mencari peluang pemasaran Dengan melakukan analisa yang baik dan tepat, Anda akan lebih bisa memahami keadaan pasar yang sesungguhnya sehingga strategi yang dilakukan untuk memasarkan produk bisnis yang Anda miliki akan berjalan dengan baik, sehingga keuntungan bisnis yang kita buat akan meningkat dan dapat memunculkan ide-ide baru yang bisa menjadikan bisnisKita lebih baik.
2.MENGAPA PERLU MELAKUKAN RISET PEMASARAN ?
Jawab :
1.Untuk Meningkatkan Penjualan
2.Membuat Strategi Pemasaran yang Matang
3.Bisa Melihat Masalah
4.Mampu Mengidentifikasi Pasar
Laura Maharani 1120210195
ReplyDelete1. Mengapa perlu mengumpulkan informasi dan mencari peluang pemasaran? karena dengan mengetahui peluang usaha wirausahawan tentunya jadi tau akan kesempatan besar kecilnya mendapatkan keuntungan, dan juga banyak peluang yang ditemukan dengan mengindentifikasi tren (arah urutan kejadian yang memiliki momentum dan kelangsungan bertahan) serta megatren (perubahan besar di bidang sossial, politik, ekonomi dan teknologi yang memiliki dampak berkepanjangan.
2. Mengapa perlu melakukan riset pemasaran? tujuan riset pasar secara umum adalah untuk mengetahui dan menganalisis target pasar yang akan dilakukan pemasaran. Disamping itu, riset pasar memiliki tujuan seperti memperoleh informasi dan data-data berkaitan dengan potensi konsumen, persaingan, daya tarik dan tingkat strategis tempat pemasaran dan hal itu berguna untuk membaca peluang usaha yang baik untuk menunjang produksinya, juga untuk mempermudah mengevaluasi kinerja yang selama ini dipergunakan.
Banyak peluang yang ditemukan dengan mencari informasi sehingga dapat mengikuti tren (arah urutan kejadian yang memiliki momentum dan kelangsungan bertahan) serta megatren (perubahan besar di bidang sospol, ekonomi dan teknologi yang memiliki dampak berkepanjangan). Sehingga produk yang dikeluarkan bisa selalu up to date dan sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan begitu kegiatan pemasaran yang dilakukan bisa tepat sasaran sehingga hasilnya pun lebih memuaskan.
ReplyDeleteDilakukan riset pasar agar perusahaan tahu produk dan layanan seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan dan dicari oleh target pasar. Selain itu riset pasar juga akan sangat berguna untuk menentukan apakah perusahaan harus meluncurkan produk baru atau justru memperluas produk dan layanan yang sudah ada.
mengapa perlu mengumpulkan informasi dan mencari peluang pemasaran?
ReplyDeletekarena akan memudahkan kita memulai dan menjalankannya. dengan memberikan informasi tentang situasi perdagangan yang berhubungan dengan produk, harga yg diinginkan konsumen dan situasi pasar seperti apa. supaya untuk penguasaha pemula agar tidak mengalami masalah dalam memulai dan menjalankan usahanya
mengapa perlu melakukan riset pemasaran?
riset pemasaran akan membantu mengidentifikasi peluang pasar baru untuk produk yang sudah ada maupun produk baru. riset ini akan memberikan informasi tentang pangsa pasar, sifat persaingan, tingkat kepuasan pelanggan, kinerja penjualan. Informasi ini juga dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang dimiliki perusahaan
1.Karena dengan kita mengumpulkan informasi ini termasuk kegiatan pembelajaran yang berupa eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek,kejadian,aktivitas, dan wawancara dengan narasumber. Dan mencari peluang pemasaran karena situasi utama yang menguntungkan dalam lingkungan suatu perusahaan, salah satunya adalah tren usaha.
ReplyDelete2. Riset pasar bisa membantu untuk menghasilkan informasi tentang besarnya pasar potensial suatu produk atau jasa sesuai target pasar. Informasi ini nantinya sangat berguna untuk menentukan target penjualan dan pencapaian market share di pasar serta dapat memahami perilaku pelanggan sesuai target pasar dengan baik. Dengan mengetahui perilaku pelanggan ini, maka memudahkan perusahaan dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih baik dan efektif.
Arika Ayu Lestari
ReplyDelete1120210253
1. karena informasi pemasaran sangat penting membantu mempercepat informasi ketika ada kesalahan ataupun kekeliruan pada data. Mempermudah manajemen waktu dalam hal menjalankan kegiatan perusahaan, terutama dalam hal pemasaran.
2. Pentingnya riset pemasaran bagi perusahaan dengan tujuan dijalankannya marketing research (riset pemasaran) yaitu untuk mengetahui dan melakukan analisa hal yang dibutuhkan atau diperlukan oleh pasar (masyarakat) dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis.
1.Mengumpulkan informasi dan mencari peluang pemasaran untuk kegiatan peseorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan distribusian promosi dan penentuan harga barang jasa dan gagasan
ReplyDelete2.Riset Pemasaran itu untuk meningkatkan penjualan,membuat strategi pemasaran yang matang bisa melihat masalah dalam mampu mengindentifikasi pasar.
Nova Vemilya Maharani_1120210201
ReplyDelete1. karena informasi sangat dibutuhkan untuk menggali peluang usaha, menyusun konsep usaha yang tepat, dan menciptakan nilai tambah yang menguntungkan.
2.Riset pemasaran sangatlah penting bagi sebuah perusahaan. Dengan melakukan riset pemasaran setidaknya perusahaan telah memiliki gambaran mengenai dunia pemasaran beserta dengan kelebihan dan keuntungan. Tanpa bekal data dan informasi yang didapatkan dari riset pemasaran ini, perusahaan tidak akan bisa menetapkan strategi pemasaran yang tepat.
Karena tanpa melakukan riset pemasaran, pihak perusahaan tidak memiliki kemampuan dan keterampilan yang memumpuni untuk hal tersebut. Atau bisa dibilang, pihak perusahaan akan cenderung menetapkan suatu kebijakan pemasaran yang sebagian besar digunakan oleh perusahaan lainnya.
Zaidan Daffa Muhammad-1121210177
ReplyDelete1.Karena informasi pemasaran merupakan elemen kritis dalam pemasaran yang efektif. Hal ini disebabkan kecenderungan yang semakin meningkat dari pemasaran lokal ke skala nasional dan bahkan ke skala internasional. dan semakin banyak informasi yang kita punya semakin besar juga peluang untuk bersaing di market
2. untuk Meningkatkan Penjualan
-Membuat strategi pemasaran yang matang
-bisa melihat masalah dengan detail pada bisnis anda.
Kukuh Budi Satrio (1120210189)
ReplyDelete1. dalam pemasaran kita perlu mengumpulkan informasi karena informasi merupakan sarana bagi perusahaan untuk mengetahui segala hal yang berguna untuk mengembangkan perusahaan. serta dalam pemasaran perlu mencari peluang karena peluang merupakan kesempatan bagi perusahaan dalam melakukan berbagai hal yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas, profit, dll.
2. riset pemasaran perlu dilakukan perusahaan supaya perusahaan dapat berjalan dengan sistematis serta relevan dengan berbagai macam situasi pemasaran.
Muhammad Raihans (11202101949)
ReplyDelete1.) Mengapa Perlu Mengumpulkan Informasi Dan Mencari Peluang Pemasaran, Sistem informasi pemasaran memiliki peran penting bagi masa depan perusahaan. Ketika menerapkan sistem informasi pemasaran, perusahaan dapat memproses informasi yang tersedia, mempermudah manajemen waktu, mampu bergerak lebih sigap ketika terdapat kekeliruan data, dan dapat mengontrol perkembangan bisnis.
2.) Mengapa perlu melakukan riset pemasaran?
a. Mengetahui Kebutuhan Pelanggan
b. Memutuskan Rencana Pemasaran Selanjutnya
c. Mengurangi Risiko dalam Penjualan
nama: jaknis sri denpasari
ReplyDeletenpm :1120210204
1).karena pengumpulan informasi dan mencari peluang dalam pemasaran sangat penting untuk perkembangan suatu perusahaan agar meningkatkan kualitas perusahaan tersebut dan dapat berkembang lebih maju dan baik lagi mengikuti lingkungan atau keadaan disekitar. dan harus bisa mencari peluang usaha sbagai guna untuk berinovasi
2).Karena riset pemasaran erat kaitannya dengan pengelolaan manajemen pemasaran sebuah bisnis. Sebelum melakukan berbagai aktivitas pemasaran, pelaku bisnis wajib melakukan berbagai penelitian atau riset yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan barangnya, baik dari segi penjualan, pemasaran, branding, dan kepuasan konsumen dan Selain digunakan untuk meneliti kondisi penjualan barang/jasa, riset pemasaran juga memiliki tujuan-tujuan lain yang bermanfaat bagi proses pemasaran usahamu.
Tujuan riset pemasaran:
Memanfaatkan celah pasar
Mengetahui kekurangan dan kelebihan barang/jasa
Mendapatkan informasi dan penilaian langsung dari konsumen
Menentukan sistem penjualan yang tepat
Mengetahui keberhasilan proses branding
Menentukan strategi pemasaran